Quine – McClusky Algorithm

Artikel ini khusus ditujukan pada para mahasiswa jurusan Information Technology (IT) atau yang berada di sekitarnya. Bagi yang bukan, bisa melihat postingan-postingan lain, tentunya yang berada di bawah tag yang lain.

Mungkin para pembaca telah mendengar tentang ‘Quine-McClusky Algorithm’ yang merupakan cara selain Karnaugh Map yang juga efektif dalam menyederhanakan sebuah circuit. Dalam mata kuliah Digital System, dosen kami tercinta Mr. Nurhadi Sukmana memberikan sebuah assignment untuk membuat algoritma dan source code sendiri dalam teori ‘Quine-McClusky’ tersebut. Kami diberi waktu sekitar 2 minggu untuk menyelesaikannya.

Seperti layaknya anak kuliah (pada umumnya) tugas itu kami tunda sampai hampir mencapai deadline, waktu yang tersedia untuk berkumpul sangat sedikit, dan tidak semua dari kelompok kami yang bisa diharapkan dalam membuat sebuah algoritma. Namun pada saat-saat terakhir, mu’jizat itu datang. Seorang anggota kelompok kami dalam rapat sehari sebelum deadline mengatakan kata-kata sakti tersebut, “Saya telah membuat programnya koq!!” Alhamdulillah, kekahawatiranku berubah menjadi rasa sumringah yang menggelora. Itu artinya tugas kami telah selesai. Dan sebagai finishing, anggota yang lain mencoba mencari bug dan error yang mungkin terjadi pada program dalam bahasa C++ yang dibuat secara orisinil oleh temanku tadi.

Oleh karena itu sebagai penghormatan bagi ilmu pengetahuan, saya ingin membagi source code ini pada kalian para pembaca sekalian. Sebenarnya saya ingin mebuat postingan khusus, tapi berhubung dengan berbagai macam hal, saya hanya menyediakan sebuah softcopy yang dapat saya kirim lewat e-mail.

Kirim saja sebuah email permintaan lewat email ke blackz_butterfly@yahoo.co.uk. Insya Allah saya akan membalasnya dengan softcopy sang source code sebagai attachement. Saya mengaharap bantuan bagi siapapun yang ingin mengembangkan source code ini untuk memberitahukan perkembangannya pada kami. Akhir kata, selamat berfikir ria mengenali source code ini dan sampai jumpa di postingan berikutnya….

(( Tulisan ini dibuat pukul 1:51 rabu dini hari, setalah kecapaian main lugaru dari jam 22:00. Uh, permainan yang cukup mengasyikkan ))

9 responses to “Quine – McClusky Algorithm

  1. Halo mas Adit,

    salam kenal, nama saya Ales. Mas saya membutuhkan informasi dari mas soal metode quine mc cluskey. Sy lg nyusun skripsi dan sy sangat tertarik dengan logika matematika yaitu aljabar boole, nah saya ingin mengambil judul tentang metode ini, namun implementasinya dalam bidang komputer.Nah saya sangat tertarik dng artikel yg mas buat, mengenai minum biaya dalam pembuatan sirkuit elektronik. Nah kira2 itu logika atau teorinya gmana mas?? sy pengen menerapkan itu dalam judul skripsi saya. Untuk itu sy mohon pencerahannya ya mas. Sekali lagi terima kasih.

  2. sama spt mas yang diatas, fany pun lg bikin tgsakhir tntg quine McCluskey. dan butuh algoritma utuh bwt bikin programnya. jd mhn pengertian dan bantuannya.

  3. hallo smua … maaf yah comment2nya gak ditanggapi, maklum ada kesibukan kmarin2 jd g sempet buka blog, klo masih ada yg mw didiskusikan, sms aja yah ke , thx

  4. hallo smua…….. mas tlng kirmin source nya dong mas

  5. I know you are smarter than me iah…….
    mr. Nur always bilang kaya gitu….. wkwkwk

  6. The past is not always as the way you want, but the future can be designed as you like

  7. Lebih mudah melakukan sesuatu dengan benar daripada menjelaskan mengapa Anda tidak melakukannya dengan benar.

  8. Jangan selalu katakan masih ada waktu atau nanti saja Lakukan segera gunakan waktumu dengan bijak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s