Cobaan Itu Harus Dihadapi

Cobaan

Kali ini Kutu mau ngobrol-ngobrol soal sebuah hal yang dihindari, tak boleh dicari, tapi perannya sangat penting dalam proses tumbuh kembang manusia.  Aneh kan? Itulah COBAAN (bukan nama Gitaris). Layaknya obat, rasanya pahit, tapi harus diminum kalau mau sembuh.

Beberapa dari kita ada yang (merasa) mendapat cobaan yang ringan, ada pula yang (merasa) mendapat cobaan yang terlampau berat. *Yang Kutu kasih tanda kurung itu penting lho …*

Beberapa bahkan ada yang pasrah terhadap cobaan yang mereka terima, misalnya adalah seorang pria yang terlahir atau tumbuh dengan kecenderungan feminim. Sampai-sampai ada dari mereka yang berganti kelamin, atau memakai pakaian-pakaian wanita (sampe pakai jilbab malah).

Biasanya mereka beralasan : “Aku ini sebenarnya wanita, tapi terlahir dengan wujud laki-laki.”

Kalau udah begitu, kita jawabnya gmana?

Kutu akan menjawab : “Emangnya yang dapet cobaan berat cuma loe doank? Bagaimana dengan orang yang diuji dengan orang tuanya meninggal, istri atau anaknya meninggal, atau dengan kemiskinan yang sangat dan berbagai musibah-musibah besar lainnya? Apa mereka juga harus pasrah kayak loe?”

Tuhan itu memberi cobaan buat kita, sama kayak guru ngasih ujian. Kalau kita bisa melewatinya dengan baik, niscaya akan dapet kedudukan yang lebih baik. Kecenderungan yang ‘berbeda’ juga merupakan ujian, bila bisa dilawan, maka Insya Allah kita bisa menjadi manusia yang lebih baik.

Setiap orang punya ‘jatah’ cobaan masing-masing. Nggak layak kayaknya kita mempertanyakan sama Tuhan kenapa cobaan kita begini, nggak kayak temen kita yang (menurut kita) lebih ringan. Cobaan koq pilih-pilih :p

Jadi sekarang kita harus gmana? Kalau belum dapet cobaan, berdoalah biar dijauhkan dari cobaan. Kalau udah dapet, berusaha dan berdoa biar bisa melewatinya dengan baik. Mantep kan kata-kata Kutu😀

*******

NB : Hidup itu pilihan, tapi jangan sekali-kali menyalahkan orang lain atau Tuhan atas pilihan yang kamu pilih.

2 responses to “Cobaan Itu Harus Dihadapi

  1. Marilah kita membaikkan diri sebelum menyesal pun tidak ada gunanya.

  2. Kadang kamu harus buat keputusan tuk mengalah atau kamu akan kehilangan dia yang kamu cinta hanya karena kamu keras kepala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s