Surganya para Penggila Buku

Mungkin postingan ini terhitung sangat telat, namun gpp lah, itung2 buat berbagi pengalaman. Dalam tulisan ini Kutu akan bercerita tentang “Surganya para Penggila Buku”, apaan sih itu? Ya tak lain dan tak bukan adalah Indonesia Book Fair (IBF) di Istora Senayan, Jakarta, yang baru saja berakhir hari minggu kemarin. Mengambil tema “Menguak Cakrawala Bumi Parahyangan” (jujur Kutu gak nangkep tema itu di sana😀 ), acara ini tak hanya berisi obralan buku, tapi juga banyak acara2 tentang buku, seperti talk show, pentas musik, kuliah singkat, dll.

Indonesia Book Fair 2010

Indonesia Book Fair 2010

Saking nafsunya Kutu buat dateng, dari awal2 buka pun Kutu udah bela2in mampir. Alhasil masih rada sepi n Kutu jadi leluasa buat hunting buku. Di antara stand2 yang menarik perhatian Kutu adalah :

1. Stand buku bekas dan diskon. Kutu lupa nama stand nya apa, tapi waktu nanya2 sih katanya mereka punya kantor di Tebet cuma emang gak punya toko. Mereka cuma biasa hadir pas ada pameran2 doank. Lumayan lho, di situ Kutu borong buku2 James Patterson, Sidney Sheldon, John Grisham, n novel2 Islami dengan harga 20-30 ribu rupiah aja.

2. Stand obralan buku impor. Di situ yang dijual 100% buku impor, dari yang fiksi sampe non-fiksi, tapi kebanyakan bekas sih. Harganya pun berkisar antara 20-50 rb. Sayang Kutu gak kedapetan buku bagus, jadi yah gak beli apa2 deh di sana.

3. Stand Komik bekas. cuma di stand ini orang beli buku kayak beli daging, hehehe. Bayangin aja, jualannya komik Prince of Tennis bekas (yang udah lengkap gitu dari jilid 1 ampe abis) diplastikin gt n panjangnya bisa ampe 1 meter, gmana coba jadinya, hihihi. Di situ Kutu beli komik yg dah lama dicari adik Kutu sebanyak 10 jilid.

4. Stand Times. Jujur Kutu baru sekali ini bertatap muka dengan pegawai ini Toko Buku. Padahal Kutu sering lewatin tokonya lho di daerah Kemang. Stand ini menjual buku2 impor baru. Karena harga rata2 bukunya di atas 100 rb smua, Kutu tadinya males buat beli, tapi ternyata mereka juga nyediain buku2 edisi “Wordsworth Edition” seharga 24 rb masing2nya. Jadi itu buku2 lama yang udah “Open Domain” n dicetak ulang dengan harga murah. Jadi deh Kutu borong buku di Times, mulai dari buku2nya Homer, Leo Tolstoy, Charles Dickens, Alexandre Dumas, dll.

5. Stand “Toko Buku Langka TMII”. Pasar Buku langka yang berlokasi di samping Anjungan Papua di TMII ini memang sungguh menarik. Isinya buku2 jadul semua, ada yang indonesia, impor juga ada. Tapi tak hanya itu, ada juga komik2 yang udah langka kayak crayon shinchan edisi2 awal, dll. Dan dari stand itu Kutu tahu klo buku “Merdeka Tanahku, Merdeka Negeriku” warisan kakek Kutu ternyata termasuk buku langka juga, hihihi🙂

Saking gilanya Kutu, pas awal udah dateng, pas penutupan hari minggu kemarin pun Kutu dateng lagi. Sekalian Kopi Darat sama temen2 di Forum Buku @ Kaskus.Us (a.k.a Serapium). Pokoknya seru deh, gak berhenti2 kita ngobrol tentang buku di sana. Ditunggu pameran buku selanjutnya😀

Kutu Nampang di IBF

Kutu Nampang di IBF

NP : Ayo yang mau share cerita2 yang udah mampir ke sana, atau pengen share buku yang kemaren dibeli di sana, silahkan …

16 responses to “Surganya para Penggila Buku

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    lantaran jauh banget pastinya gak bisa ke sana, deh.😳

  2. ah irinya!!! sy mau dtg tapi ga da waktu selain hr minggu…eh taunya pas hr minggu badan ga enak😦

    Padahal sudah siap memborong buku walopun di rak masih ada 20an buku yg belum dibaca.

    KUTU : Padahal seru lho di sana … gw ja mpe borong 15an buku kali
    murah2 smua pula😀

    • Iya…teman ada yg ngasih tau disana banyak buku impor…bahkan dia liat ada beberapa Stephen King dgn harga murah (ga peduli pdhl msh ada 4 buku SK yg belum dibaca). Sebel deh ga bs ke sana😦

      KUTU : wah, brarti musti nunggu Book Fair selanjutnya dunk yah😀

      Tapi Kutu skarang lagi nyari tukang2 buku bekas, siapa tw ktemu nanti buku impor dengan harga murah ^^

  3. ^_^

    huhu … g sempet ke IBF ,,,
    jadi ngiri …

    KUTU : Emang Adia di mana sih ? Tanggal 13 – 18 Oktober ini juga ada Book Fair lho di Jogja Expo Center, Nanti coba Kutu postingkan deh😀

    • iya niy k … sebelum sakit, banyak banget kerjaan … pas mw mampir ke IBF, keburu sakit …
      hmm …
      otteh dey, ditunggu postingan yg di kota Gudeg y … ^_^

      KUTU : sipp sipp … skarang lg asyik maenan ebook neh, sama nyari toko2 buku bekas deh, ada info kah adia ?

  4. It’s the very thing i want to catch. Thanks!
    This is the wonderful thing i spend long time to find it.

  5. Sengaja kemaren tidak ke IBF, lagi mengidap “kanker”, karena biasanya gak tahan lihat buku bagus..🙂

  6. Wah, kalo gini hari, masih ada gak ya stok buku nya?

  7. Dit, WP gewe pan critanya isinya English. hahaha!
    dheuh, semoga kagag keracunan buku dah lu😉

  8. di Yogya lebih surga lagi lohh
    dan gw yakin lo tau tempatnya..
    hohoho

    KUTU : Shopping kan, hii … tp gw lebih kangen sama angkringannya n … hee you know lahh ^^

  9. Ping-balik: The Three Musketeers – Alexandre Dumas | KutuBacaBuku

  10. tanggal 3 maret ntar ada IBF lagi loh….🙂
    met borong2 yaahh…..

  11. Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih kuat dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yang paling dekat.

  12. There is no elevator that helps you to be successful You have to start from the stairs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s