Advokat 70:30

Kali ini Kutu akan mengangkat cerita tentang seorang tokoh. Tenang aja, bukan pembawa acara yang video mesumnya beredar dan sekarang mau dicabut dari Duta Pangan PBB, tapi seorang Advokat / Pengacara yang semoga bisamenjadi inspirasi bagi kita semua dalam memaknai hidup.

Beberapa waktu yang lalu, pengacara yang akan kutu ceritakan ini secara mengejutkan mengajukan gugatan ke Pengadilan Jakarta Pusat. Tak tanggung-tanggung, yang digugat adalah PT. SPI (Sebuah Perusahaan pengelola parkir), UPT Perparkiran DKI, dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Tak sampai di situ, Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 1990 ini pun mengajukan angka ganti rugi yang fantastis, hanya 10.000 rupiah. Sebenarnya apa sih maunya orang ini?

David Tobing

David Tobing

Dialah David Tobing, seorang Pengacara yang punya kepedulian terhadap sesama. Gugatan seperti yang kutu ceritakan di atas bukanlah yang pertama dan terakhir. Bukan yang terakhir karena saat ini ia tengah menyiapkan gugatan kepada pengusaha-pengusaha laundry yang “nakal” . Bukan pula yang pertama, karena Wisnu Priambodo, Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pekerjaan Umum pernah merasakan kebaikan hati sang Advokat, begini ceritanya :

Alkisah, Istri Wisnu  meninggal sewaktu hamil 9 bulan pada awal tahun 2009. Malang bagi Wisnu, ia tak bisa mendapatkan uang asuransi yang seharusnya menjadi haknya. Mendapat hal tersebut, Wisnu bingung dan tak tahu harus meminta bantuan kepada siapa. Sementara sebagai PNS dengan pangkat rendah, uang asuransi kematian sangat dibutuhkan untuk biaya penguburan dan lainnya. Yang ada dalam pikiran Wisnu adalah menggugat perusahaan asuransi. Namun ia sadar harus menggunakan pengacara dan biasanya mengelurakan biaya yang mahal.

Akhirnya Wisnu terpikir untuk mencari di internet lalu keluarlah nama David Tobing. Lantas, Wisnu pun menjalin pertemanan dengan David lewat situs jejaring Facebook. Gayung pun bersambut. Dari perkenalan di dunia maya itu, lalu terjadilah diskusi dan berakhir dengan pertemuan di kantor David di bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

“Dari awal, hingga sekarang saya sebagai klien tak pernah dimintai uang. Jangankan untuk membayar materai perkara, mentraktir makan siangpun Pak David menolak,” ujar Wisnu.

Usut punya usut, ternyata Pak David Tobing ini menerapkan Sistem 70:30 dalam bekerja, apa maksudnya yah? Maksudnya, 70 persen dari pekerjaannya ia fokuskan untuk mencari uang. Nah dari pekerjaan yang 70 persen itu, ia sisihkan sebagian uangnya untuk menangani 30 persen pekerjaannya yang lain, yaitu memberikan pelayanan gratis kepada orang-orang yang tidak mampu, namun membutuhkan jasanya. “Kalau tak ada yang 70 persen, bagaimana kita bisa membantu Wisnu dan lainnya?” katanya ringan.

Menurut Kutu, contoh orang seperti Pak David inilah yang kita butuhkan untuk bisa melakukan perubahan. Tak hanya mencari rezeki untuk kepentingan pribadi, tapi juga menyisihkannya untuk kepentingan orang lain yang membutuhkan. Terutama buat para dokter neh, karena masih banyak di Indonesia kasus pasien yang ditolak Rumah Sakit gara-gara gak punya biaya, ehh padahal Si Dokter pulang pake Mercy, wkwkwk … Miris !

11 responses to “Advokat 70:30

  1. wah, mantab juga ya prinsip 07.30nya..🙂
    salam-

    KUTU : ralat mbak, yg bner 70:30, hee

  2. Saya sependapat dengan anda sohib.
    Seandainya ada semacam GNOTA (gerakan nasional orang tua asuh) yang bisa diikuti oleh orang2 yang mudah mendapatkan uang dengan cara halal tentu akan sangat bagus.
    Perlu dikembangkan kepedulian terhadap mereka2 yang membutuhkan pertolongan oleh orang-orang yang berkecukupan.

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara ” Ungkapkan Opini Anda” dan ”The Amazing Picture ” dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    KUTU : Iya juga yah Pakde, dulu ada GNOTA, skarang apa kabarnya yah ?

  3. wah ini mulia sekali, apa yang lain bisa seperti dia ya

    KUTU : Kita juga bisa koq mas kalau kita mau ^^

  4. wah, hebat itu! orang-orang seperti inilah yang sebenernya sedang membangun bangsa😆

    KUTU : Yupp, bener banget … n kayaknya kita harus ikutan juga tuhh

  5. keren prinsipnya…

    jadi inget cerita tukang becak yg bisa naik haji.
    prinsipnya dia setiap jumat dia gak mau dibayar sebagai sedekah untuk yg lain katanya.
    jadi dia gak bisa sedekah uang,tapi sedekah tenaga.
    sampai suatu hari ada seorang ibu2 yg naik becak di hari jumat dan karena gak mau dibayar malah mau naikin haji si tukang becak.

    Allah maha adil,segalanya tidak ada yg sia2 dihadapanNYA🙂

    KUTU : Bener banget mas didot … sesungguhnya setiap harta yang kita sedekahkan itu bukannya berkurang, tapi malah akan jadi tabungan kita di akhirat ^^

  6. hmm … ^_^

    pak tobing ibarat oase di tengah gurun niy …

    KUTU : hayoo … siapa yg mw jadi oase berikutnya, wkwkkw

  7. Duuuh, seandainya banyak tokoh seperti Pak Tobing ini…😦

  8. pro-bono ya? kalau aja lebih banyak orang seperti beliau🙂

  9. teman2 ada yang tahu alamat lengkap office nya pak david tobing and contact person nya ngga??? tolong di bantu karena teman saya lagi membutuhkan pertolongan pengacara seperti beliau ini… mohon info nya
    URGENT
    terima kasih

  10. Bisa minta bantuan pak david nggak ya? Klo mrnghubungi pak david kemana ya? Karena saya dom disolo, saya pengen minta nasehat beliau… Mohon bantuaannya di 081804404884

  11. salam buat bang DAVID TOBING….saya butuh bantuan bang david tobing…boleh kah..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s