Siapakah Rachel Corrie

Dalam waktu dekat sebuah kepal bernama “Rachel Corrie” akan mencapai Gaza. Dalam sebuah misi kemanusiaan bertajuk Freedom Flotilla, kapal ini bermaksud melakukan hal yang sama dengan pendahulunya “Mavi Marmara” yang berujung naas, diberondong tembakan oleh tentara Yahudi, hingga 19 orang di antaranya wafat. Namun siapakah Rachel Corrie, yang namanya sampai dijadikan nama kapal ini ?

Rachel Corrie

Rachel Corrie

Rachel Corrie, seorang aktivis kemanusiaan berkebangsaan Amerika Serikat. Lahir tanggal 10 April 1979 di Olympia, Washington. Ia masih berstatus siswi di The Evergreen State College ketika ia memutuskan untuk bergabung dengan berbagai organisasi kemanusiaan, termasuk International Solidarity Movement yang kelak akan mengantarnya ke Gaza.

Corrie berangkat ke Gaza pada fase Intifadhah Kedua, dan memasuki gerbang Gaza pada 27 Januari 2003. Saat itu tengah terjadi penghancuran besar-besaran kepada setiap bangunan tempat tinggal milik warga sipil Palestina. Corrie merasa geram hingga ia berkata :

“I feel like I’m witnessing the systematic destruction of a people’s ability to survive … Sometimes I sit down to dinner with people and I realize there is a massive military machine surrounding us, trying to kill the people I’m having dinner with.”

“Saya merasa menjadi saksi sebuah perusakan sistematis akan pertahanan hidup manusia … Terkadang saya duduk untuk makan malam bersama beberapa orang dan saya menyadari bahwa ada sebuah mesin militer besar yang mengelilingi kami, dan berusaha membunuh semua yang sedang makan malam dengan saya.”

Caterpillar D9R

Caterpillar D9R

Naas, pada tanggal 16 Maret 2003, sebuah Bulldozer Caterpillar D9R dikerahkan oleh tentara Yahudi untuk menghancurkan sebuah rumah milik Samir Nasrallah, seorang ahli farmasi lokal. Corrie yang berusaha menahan Bulldozer itu, tanpa kenal ampun dihajar oleh bulldozer tersebut hingga ia menghembuskan nafas terakhirnya di bumi Gaza. Dan tebak? Amerika Serikat tidak melakukan tindakan apa-apa setelahnya. Sebelum meninggal Corrie sempat berkorespondensi dengan ibunya, dan dalam kata-kata terakhir sebelum kematiannya, ia mengatakan kepada sang ibu, “Mayoritas rakyat Palestina saat ini, sejauh yang bisa saya katakan, hanya bisa menerapkan pertahanan tanpa kekerasan seperti yang dilakukan Gandhi.” Entah mengapa masih ada saja yang tega menyakiti mereka …

Corrie sebelum meninggal

Corrie sebelum meninggal

Corrie setelah meninggal

Corrie setelah meninggal

Demikianlah, semoga kapal “Rachel Corrie” yang sedang menuju Gaza diberi kemudahan oleh Allah dan diberi keselamatan dari kekejaman tentara-tentara Yahudi. Buat catatan, sebenarnya muatan kapal itu udah diperiksa di Irlandia, tapi tetep aja entah kenapa Irlandia, Amerika Serikat, dan negara-negara lain yang warga negaranya ada di kapal itu gak mau mem-back up biar kapal itu diloloskan ke Gaza. Besar kemungkinan kapal ini akan bernasib sama seperti kapal “Mavi Marmara”, tapi siapakah yang tahu akan rencana Allah akan setiap hambaNya?

“Bagaimana sebuah negara bisa menjadi polisi dunia bila membela nyawa warga negaranya sendiri aja gak bisa, dan bagaimana negara yang kaya, subur dan aman hanya tinggal diam melihat saudaranya seagama dihina dan ditumpahkan darahnya?

18 responses to “Siapakah Rachel Corrie

  1. Allahu akbar..saya malu pada Allah, orang-orang asing begitu gigihnya membela saudara-saudara kita disana. Sementara kami disini hanya duduk terdiam. Selamat jalan sudaraku Rachel…kematianmu menjadi aspirasi bagi kami untuk lebih gigih memberi perhatian kepada suadara-saudaraku di Palestina.

  2. Bundo juga merasakan hal yang sama dengam mas Akhmad di atas.. kegigihan Rachel sungguh luar biasa. dialah saudara sejati.. yang bisa merasakan kepedihan saudaranya dan berjuang untuk itu. Subhanallah..

  3. Hanya informasi : Rachel Corrie adalah warga negara AS keturunan Yahudi beragama Kristen, yang begitu gigih membela kaum tertindas, Mengapa Husni Mubarak tidak tergerak untuk membuka perbatasan rafah? dimana negara2 arab saat palestina menderita, aku juga malu sama rachel corrie,

  4. Ya, kita patut mencontoh apa yang telah dilakukan rachel Corrie, mestinya kita sangat malu. orang lain sanggup berkorban untuk saudara saudara kita. sementara kita hanya diam saja.

  5. masyaALLAH, tragis, mengerikan

  6. subhanallah, orang yahudi aja bisa berbuat kaya gini ya..

  7. subhanallah,,malu,,itu satu kata yang kemudian hadir,,apa yang sudah bisa saya berikan untuk membela saudara2 ku di sana ya rabbi,,belum ada,,dan hanya doa,,

  8. perjuangan yg di lakukan rachel tidak akan ada yg sia2,insya 4jji……….
    s3mo94 negara2 moeslem mau bersatu tuk meng hancurkan or4n9-0rang y9 memU5uhi agam4 4jji………
    amien……..

  9. Ayo yang malu dan terinspirasi ma Rachel Corrie … berbuat sesuatu mulai dari sekarang untuk saudara2 kita di Palestina !!!

  10. Untuk urusan ini saya serahkan kepada Allah Yang Maha Bijaksana atas segala keadaan dan atas segala sesuatu yang diperbuat hamba-hambaNya..

  11. masya Allah,kasian sekali ,semoga dosa2nya diampuni dan amalnya diterima di sisiNYA,meski orang yahudi tapi punya jiwa kemanusiaan yang tinggi😐

  12. Saluut saya ucapkan untuk mendiang Rachel Corrie, seorang gadis muda dan relawan kemanusiaan yg mempunyai nyali besar dan rela mengorbankan nyawa dan raganya demi menghalangi rumah salah seorang warga palestina yg ingin digusur oleh tentara dajjal Israel. Sekali lagi saluut. Dan semoga beliau termasuk golongan ahli surga. Amiin !!!!

  13. tadi pagi baru aja liat rekaman pidato rachel saat umur 9 tahun,
    bukan main sbg gadis kecil dia sudah sangat peduli dgn masalah dunia
    tak salah kalau namanya dipakai untuk kapal kemanusiaan itu

    KUTU : Mudah2an anak Kutu nanti kayak gt ahh ^^

  14. Saya salut kepadanya dan seharusnya bangsanya malu ketika negaranya tak mampu berbuat apa-apa.

    Namun demikian perlu dipikirkan bahwa ” jangan menghentikan kemunkaran yang bisa menimbulkan kemunkaran baru”

    Ketika melihat kemunkaran dan kita seorang diri sebaiknya minta bantuan kepada rekan atau orang lain sehingga kita tidak jadi bulan-bulanan si jago munkar itu.

    Bagaimanapun juga tindakan Corrie akan tetap dicatat dalam sejarah kemanusiaan.

    Salam hangat dari BlogCamp.

    KUTU : Seharusnya memang begitu pakde, tapi mungkin naluri manusia kali yah, kalau udah geram sangat, emosi meledak, udah gitu negara2 di dunia gak ada yang mau bantu dia

  15. Tanpa kekerasan seperti gandhi ??

    KUTU : Yup, diserang terus tanpa memberikan perlawanan berarti

  16. saudara…mulai sekarang jangan kita beli produk yahudi…karena dari keuntungan itulah mereka membeli senjata untk membunuh rakyat palestina…kalau tidak maka kita jg secara tak langsung terlibat membunuh warga gaza..

    KUTU : Sulit sih sebenarnya, tapi harus diusahakan … sedikit perbuatan anda, besar akibatnya ^^

  17. Made Teddy Artiana

    Puji TUHAN.

    Rachel Corrie adalah seorang Kristen. dan sikap gereja dan saya sebagai seorang kristiani terhadap pembunuhan kejam yang dilakukan oleh tentara Israel adalah adalah jelas, itu tindakan brutal dan terkutuk !!

  18. tino gab'benk

    hhhmmmmmm…..
    kdangkadang kita yang melihat seperti itu (kejadian Corrie) merasa sangat marah dengan umat manusia lainnya…. padahal yang melakukan itu hanya satu atau 2 orang saja…. bukankah akan lebih baik kalo rasa marah to hanya ditujukan hanya ke orang tersebut….. sebenarnya kita semua punya perasaan n jiwa perdamaian…. tapi ego n kemarahan sering muncul duluan n sering meledak…. israel n palestina itu sebenarnya sebuah cerminan dari sikap keangkuhan manusia manusia yang tidak terima akan adanya perbedaan…. padahal menurutkuw perbedaan itu akan membuat pikiran menjadi kaya….. kedua negara itu menangis… ibu2 israel menangisi kepergian keluarganya yang harus ikut perang… palestina pun demikian… mereka menangis karena dilubuk hati mereka sama sekali tidak menginginkan peperangan…. tapi terpaksa berperang karena kurang pahamnnya perbedaan yang indah dari diri mereka…..

    hahahahahahhahahaha……
    sorry g mihak manapun soalnya masingmasing punya pembenaran sendiri atas tindakan yang mereka perbuat……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s