Next On : Perpustakaan Kutu …

Demi menjaga keseriusan Kutu mewujudkan Perpustakaan Kutu … maka kutu akan berusaha mengaspirasi setiap masukan dari rekan2 narablog semua. Maka di postingan ini Kutu berusaha menyalurkan keinginan teman2 semua, senyata mungkin, dan melaporkan semua yang telah kutu lakukan demi terwujudnya Perpustakaan ini.

Pertama : Tempat dan Fasilitas

Kalau untuk yang satu ini Kutu belum bisa berkata apa2 karena Kutu belum punya kemampuan untuk menyiapkannya, baik dari segi waktu maupun materi. Kecuali kalau ada yang mau bantu ngasih tempat atau jadi sponsor itu beda lg (hee, ngarep mode : on). Denger2 dari milist Pasar Buku sih Coca Cola Foundation katanya mau bantu untuk pembuatan taman baca di daerah2, nanti coba dihubungi deh.

Pengen Perpustakaan kayak gini

Pengen Perpustakaan kayak gini

Kedua : Perawatan Buku

Mulai sekarang kutu akan langsung menyampul plastik semua buku-buku kutu, mengurangi kebiasaan baca buku kalau lagi buang air (uupss … ketahuan deh joroknya. mungkin diganti majalah aja yahh ^^), dan meletakkannya di tempat yang lebih manusiawi. FYI, saat ini buku-buku Kutu banyak yang berseliweran di Kamar Kutu yang kayak Kapal Pecah ini, huu huu. Pengen punya rak buku dehh …

Pengen bikin kayak gini ...

Pengen bikin kayak gini di kamar ...

Ketiga : Menambah Koleksi Buku

Nahh, mungkin untuk saat ini yah hal ini yang paling bisa dilakukan. Kutu akan berusaha (lulus dulu sih pertama2, hee, gak kelar2 ntar jadi S1) bekerja dan mengumpulkan uang untuk membeli segala macam buku, maaf yah sekali lagi nona kutu ^^. Nah, untuk menampung aspirasi teman2 yang mau menyumbangkan buku, bisa kontak Kutu di 0856-95623878 atau email ke : aditya.hadi@gmail.com

Alamat Kutu :

Komp. Yon Hub Mabad BT.22 RT 006/04

Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jakarta 11550

Insya Allah semua kontribusi dari kawan2 akan Kutu pertanggungjawabkan … ^^

Keempat : Konsep

Jujur, sampai saat ini Kutu belum mendapatkan konsep paten akan seperti apa Perpustakaan Kutu nanti. Kutu hanya berusaha mengaplikasikan sistem Perpustakaan yang biasa kita lihat, namun dengan sedikit perubahan. Menurut kutu, konsep perpustakaan / taman bacaan saat ini udah jarang diminati (ini pendapat pribadi lho, setelah ngeliat Perpustakaan Daerah Jakarta Selatan di Gandaria yang sepi minta ampunn), sehingga Kutu akan coba menghindari nama “Perpustakaan.”

Yang tinggal di Jakarta mungkin tahu “Wapress Bulungan” (Kutu juga tahunya karena sering ikut Sastra Reboan, hee), tempat yang unik tapi tetep asyik buat nongkrong. Biasa digunakan untuk tempat manggung Band2 Indie, atau Pagelaran Sastra. Mungkin akan seperti itulah Perpustakaan Kutu nantinya. Mengubah wajah perpustakaan dari tempat yang sepi kayak rumah hantu, menjadi seru dan asyik buat tempat ngumpul2, tapi tetep bikin orang tertarik baca buku.

Mungkin Jum’at besok Kutu mau “Studi Banding” (duilahh bahasanya … ^^) ke Tamini Square buat tahu gmana sih konsep tempat penyewaan buku di sana … Ayoo, siapa lagi yang mau kasih masukan buat Perpustakaan Kutu ??

25 responses to “Next On : Perpustakaan Kutu …

  1. rak bukunya mulai dari yang mini aja dulu bro. baru ntar kalo memang udah nggak cukup, ditambah-tambah lagi. perlahan aja..

    trus, mulai dari sekarang, kalo ada yang minjem buku jangan lupa dicatet trus ditagih kalo udah kelamaan. biasanya sih yang nyolong buku kita itu justru temen2 terdekat.:mrgreen:

    duhh … jadi diingetin, perasaan “The Tipping Point” nya kutu masih dipinjem orang kantor, musti ditanyain neh … hee. Iya neh mas, pengen banget punya rak buku, yg kecil ajahhh, tp blom kesampean

  2. Hmmm… w pernah baca di majalah… di depok, ada perpustakaan sekaligus cafe, jdi org2 yg makan or ngejain tugas disitu bsa skalian pinjem buku… gmna klo lw bikin yg konsepnya mirip kya gtu… coba lw survey deh ksana.. w ikut deh skalian bayar utang *loh ngebocorin aib sendiri* huekekeke

    gudlaaak

    iya … namanya Zoe Cafe mpok, gw kemaren survey ke sana, lokasinya abis “Burger n Grill” ma “RS Ibu Anak BUnda di Jalan Margonda. Lumayan ketutup dari luar tp ada plangnya koq. Hee, boleh deh, lg cekak neh kebetulan kantong ^^

  3. Kalo aku sih senang banget pas lagi nyampul buku pake plastik, rasanya gimanaa gitu:mrgreen:

    sama dunk mbak, kutu juga seneng klo nyampulin, hee … cuma suka gak rapi n males mulainya ^^

  4. Mungkin perlu sesuatu yang membuat orang merasa keren kalau mengunjungi perpustakaan Kutu, misalnya cafe yang dipadukan dengan kartu anggota, yang mungkin bisa memberi potongan 30 % harga capucino bagi member🙂
    hehehe…:mrgreen:

    boleh juga tuh idenya … sejenis dengan yang di Zoe Cafe tp dibikin lebih merakyat kali yaa

  5. Kutuuuuu~ adiittt~ gw juga pgen punya perpus.. Tambahin coffee shop keren ih

    iyaaaaa ….. fiyyyaaaaa ….. hee, yaudah kita bikin bareng2 aja yuk, ada tempat gak ?

  6. Waah, ide yang bagus. Saya juga pengen punya perpus, rasanya adem banget kalau liat susunan buku di rak😀

    Saya setuju dengan pendapatnya Morishige, dimulai dari rak buku mini dulu, baru deh nanti diperbesar kalau emang udah butuh. Oia, jangan lupa bukunya distempel biar ga diklaim sama orang lain kalau ada yg minjem😛

    ini juga lagi dipersiapkan mbakk … tp gak bisa bikin sendiri n klo beli gak ada duitnya, jadi dinikmati yg ada sekarang aja, mungkin lain kali kutu foto kondisi kamar kutu. Klo stempel terlalu lebay gak sih? hee … mungkin tempelan aja kali yaa

  7. teteh juga pengen punya perpus..tapi khusus anak-anak. bener nih ccf mo bantu? gimana caranya? ajarin teteh donk….

    gak sengaja baca2 milis aja sih teh … klo gak salah ada CP nya segala, nanti kutu cari lg deh klo dah ketemu kutu kasih tw teteh, ok ??

  8. waahhh.. keren neh idenya… aku juga punya cita2 kalo dah kerja duitnya pengen digunain buat beli bukuuuu… bukuuu… bukuuu… dan bukuuuu hehehehehe… :p

    yukk saling mendoakan biar impian kita masing2 cepet kesampean, hee

  9. Hmmm.. bukunya jangan lupa disampul. Untuk buku bersampul softcover aja. Yang hardcover sih ga usah disampul.
    Niat Kutu mulia sekali ya… jadi ingin membantu.🙂

    iya, ini juga lg belajar nyampul, hee … mohon bantuannya yah kang, dalam jenis apa aja, ide juga boleh koq, dibutuhkan banget malah ^^

  10. Ayo bang kutu, pasti bs mewujudkan impiannya… Nanti sdkt2 aq sumbang buku,, ^^,

    hee, aminnn … buku yg kmaren jd permulaan yah, hee ^^

  11. Bukunya harus dalam keadaan masih bagus, rap dan gak robek, jadi pembacanya senang dan puas, karena lia sering temuin perpus yang bukunya robek dan gak bagus, yang bacanya jadi malas. Semoga sukses ya

  12. Bukunya sebaiknya masih dalam keadaan masih bagus, rapi dan gak robek halamannya, jadi pembacanya senang dan puas karena lia sering temui perpus yang bukunya gak bagus dan halamannya sudah robek, yang baca jadi ikut gak semangat lagi. Semoga sukses ya

    hee … pengalaman pribadi yahh ^^. Insya Allah akan diperhatikan

  13. kunjungan petang dan perdana dari sahabat di medan

    salam hangat dari jakarta ^^

  14. Kalau perpustakaanya segede itu, kudu belajar ilmu kearsipan yang mumpuni dulu kayaknya mas.
    Tapi saya nggak punya loh.

    hee … dikit2 lah kang belajar, kan lama2 menjadi bukit ^^

  15. saya juga ingin membantu.. ingin menyumbangkan buku.. semoga cepat terlaksana

    ditunggu mas … bantuan dan doanya ^^

  16. Bang kutu saya bantu dengan do’a saja!
    Tapi untuk konsep diusahain jangan bikin boring, truz klo bisa jangan cuma buku aja, ada rental DVD-nya.😛

    boleh lah … tapi rental DVD yg bener yah, bukan DVD esek2 ^^

  17. impianku dari dulu…
    skarang baru kumpul2 buku…
    postingan yg ,mantap…

    terima kasih atas apresiasinya … ayo bersama2 berjuang untuk buku

  18. semangat, semoga terwujud semua asanya and, sponsorrrrr maju donk

    sampai saat ini belum ada yg mw jadi sponsor neh … hee

  19. putirenobaiak

    semoga terwujud cita2nya, keren dah..sayang aku juga belum bisa nyumbang buku, sejak tsunami buku2ku hanyut, skrg koleksi gak banyak, suka aku kasih ke orang kalo abis baca buku sih…

    hee … yah skali2 bukunya dikasih ke kutu lah klo abis dibaca, hee

  20. amiiinnnnnnn…. mimi doain ya, kang kutu… smoga impiannya lekas terwujud… semoga buku-bukunya semua yang bermanfaat bagi kehidupan orang banyak, amiiiinnnnn….
    **bukan hal yang terlalu muluk kok, tapi kalau niatnya baik, Insya Allah pasti ada saja jalan dari Allah🙂

    terima kasih atas supportnya yah mbak … semoga niat ini akan selalu baik, dan tak terkotori oleh materi dunia ^^

  21. Ping-balik: Undangan KopDar « Batavusqu

  22. wah… sama nih, lagi berusaha membangun taman bacaan. kalo dida target untuk lingkungan sekitar sama temen kampus dulu. oh ya kalo ada info dari cocacolafoundation kasih tau lagi ya please… syukron dan semoga impian baik ini segera terlaksana. amin…

    smangat yah dida …smoga impiannya juga menjadi kenyataan. Hmm, soal CCF, kk juga masih blank, tp nanti klo ada info lg dikasih tw deh

  23. kutu hehehe adit, aku juga lagi merencanakan buat pustaka. di padang udah kubuat tapi g jalan. karena minat baca disana buruk😦. sekarang yang lancar malah pustaka berjalan hehehe. menerima pijaman buku secara gratis untuk peminat buku sejati.

    pustaka berjalan itu apa jee? hee … di situlah harusnya peran kita, bukan ada buat yg dah seneng baca, tapi gmana membuat yg gak suka baca jadi suka baca, contohnya dengan membuat tempat baca yg cozy dan asyik buat kumpul2, hanya ide sehh …

  24. wah ide yg sangat mulia sekali, tempat baca yg bagus model toko buku mizan yg di jeruk purut,konsepnya cozy banget tuh… kalo bisa ada tempat ngupinya,tapi gak usah ngupi mahal2 ,kalo perlu ala warung kopi aja harganya,yg penting orang seneng buat datang…

    saya dukung pokoknya dit,tapi buku udah saya sumbangin ke panti asuhan semua,buat jadi perpus juga disana ,kalo gak pasti saya bantu nyumbang deh😀

    hee, didukung aja dah tararengkyuhh banget mas didot ^^. Emang rencananya pengen bikin kayak gt, ntar kita kopdar deh dsana, hehe. Bismillah neh, lg berusaha mewujudkannya

  25. pengalaman yang menarik juga…….semangat terus ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s