Krakatau : First step in Sumatera Island, Kalianda

Dermaga Canti

Dermaga Canti

Mari kita lanjutkan cerita Kutu menuju Krakatau(pada nunggu2 kan yah ^^). Jujur, ini pengalaman menarik buat Kutu, karena inilah pertama kali Kutu menginjakkan kaki di Pulau Sumatera, berasa gmanaaaa gt, fyuhh. Selepas Pelabuhan Bakauheni, Kutu dan kawan2 pun menyarter (baca : menyewa) angkot dengan tarif Rp15.000,- per orang. Cukup murah mengingat tujuan Kutu berikutnya cukup jauh, Kalianda, yang terletak di kaki Gunung Rajabasa. Ceritanya, Dermaga Canti di Kalianda itu adalah Dermaga terdekat menuju Krakatau. Bisa sih kita langsung naek speedboat dari Anyer, tapi biayanya tentu bakal lebih mahal. Kalo dari Canti, menyewa kapal untuk muter2 Krakatau biayanya dihitung harian, sekitar Rp1.000.000,- per 24 jam, tinggal hitung aja berapa hari dibagi jumlah yang ikut. Biaya ini bisa dibilang murah karena kita bebas mau bawa kapal ini ke mana pun kita mau.

Kutu di atas kapal

Kutu di atas kapal

Suasana waktu itu hujan rintik-rintik, rombongan kami pun dibagi menjadi 2 angkot. Angkot yang pertama tampaknya bisa melaju mulus sampai ke Dermaga Canti, tapi kebetulan angkot yang Kutu tumpangi berjalan sedikit “ndut-ndutan.” Supirnya juga udah tua, n kayak gak ngerti arah. Alhasil, sampai di sebuah persimpangan, angkot kutu pun mogok gok gok … sama sekali gak bisa jalan. Terpaksa deh pindah angkot ke yang rada bagusan (hee, jadi berasa di Jakarta, kan angkotnya suka oper2an gt tuh … ). Nah, setelah pindah angkot … baru deh berasa nyaman. Wusss … wusss … kenceng banget jalannya. Tapi tiba-tiba cuaca berubah hujan. Gak begitu deras sih, tapi sampai di Dermaga Canti, hujannya belum berhenti2 jg.

Rombongan Indo BackPacker mau berangkat

Rombongan Indo BackPacker mau berangkat

Sampai di Canti / Kalianda, ternyata udah ada rombongan yang mau ke Krakatau juga. Sepertinya mereka dari IndoBackPacker (IBP). Di antara mereka sebenarnya ada juga Blogger sekaligus Backpacker yang Kutu tahu. Mungkin yang sering main2 ke JengJeng Matriphe, pasti kenal dengan mas Zamroni. Tapi Kutu rada tengsin juga buat nyapa, takut disangka sok kenal, hee …

Yukk, berangkat ... !!!

Yukk, berangkat ... !!!

Berhubung udah lewat waktu sarapan, kami pun beli-beli makanan dulu. Lumayan lah nasi ma lauk cuma Rp7.000,- (jujur, klo buat ukuran kutu itu mahal banget lho, hee). Daripada di tengah laut, terus perut kosong, kan berabe. Setelah itu, gak nunggu lama lg, langsung aja naek kapal. Kapal kayu sederhana doank sih, bertenaga mesin Mobil Panther, tapi bunyinya gak “nyaris tak terdengar” (baca : berisik banget). Dari Canti, kami akan menuju Pulau Sebesi untuk bertemu dengan Ranger yang akan memandu kami mengelilingi Kepulauan di sekitar Krakatau. Selama perjalanan, kami disuguhi berbagai pemandangan menarik lho, check this out …

Meninggalkan Daratan Sumatera

Meninggalkan Daratan Sumatera

Ini bukan Krakatau lho ...

Ini bukan Krakatau lho ...

Subhanallah ...

Subhanallah ...

Ini juga belom nyampe Krakatau

Ini juga belom nyampe Krakatau

(Bersambung lg yahh …)

40 responses to “Krakatau : First step in Sumatera Island, Kalianda

  1. wah, ketemu kang zam ya? kalo saya udah langsung ngajakin foto bareng tuh..:mrgreen:

    ini langsung hajar ya? nggak pake nginep/istirahat dulu?:mrgreen:

    hee, rasa malu mengalahkan rasa penasaran, hee, mungkin lain kali lah … kan kita berangkat jumat malem mas … sabtu paginya dah nyampe canti dan langsung menuju krakatau, planning mw ngecamp di kaki anak gunung krakatau ^^

  2. asik sekali sobat,banyak pengalamannya,,
    salam persahabatan

  3. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Fotonya keren-keren habis, tuh. Jadi pengen ikutan jeprat-jepret

  4. yah bersambung..
    hehe…
    pemandangannya indah banget…

  5. cih! kamu sombong!! gak nyapa aku.. aku kan gak gaull.. :((

    ternyata dunia ini sesempit layar monitor.. hehehe..

    mas jg gak nyapa aq (hee, sok penting banget gak sih) … habis mas lg repot banget kayaknya bawa2 kamera n tripod kmana2

  6. saya pikir krakatau itu pulau yang kecil, ternyata kalau digambarkan disini luas juga….

  7. mashaAllah gambarnya bagus2… b*.^ senang baca report ttg petualangan gtu…

  8. I want to argue that an experienced essay writing service seems a light on the way of essay papers composing. Therefore, people should use it anytime they need buy an essay uk.

  9. begitu indahnya gunung krakatau.. pasti asik ya bisa kesana..

  10. wah rupanya gak OL itu sedang menjelajah.
    Selamat sukses Mas. Trims atas oleh-olehnya.
    Salam hangat selalu🙂

  11. Jadi nggak sabar nunggu sambungannya…
    Sampai season berapa Dit?:mrgreen:

  12. Laut dan gunung adalah perpaduan yang nyaris sempurna…
    Sukses buat Mas Adit…

  13. rame rame….. pengen jalan2 juga eunk…
    Pasti semua lelah terbayarkan oleh indahnya pemandangan…
    Mantap boss!

  14. hhmmm, mantap kali tuh pemandangan.
    Subhanallah pokoknya.
    ga ajak2 tuh ya..!!
    hee,,,

  15. I realy like your good enough data! Could you compose the good essay for example? Because I do really know that a good custom writing service is able accomplish well researched term papers of good enough quality.

  16. wow pemandangannya indah banget,
    lupa dan mohon maaf, Bukunya Tangan Untuk Utik sudah saya resensi

  17. gak jadi ikut gathering IBP, hikz

  18. Different fields of our life consume lots of time and money, therefore why should you waste life time for good term paper composing? It’s smart to utilize some good essays online service to purchase the expository essay at, I think so.

  19. salam kenal kang kutu ^^
    saya rizki

    waw2, lagi jalan2 ^^
    klo bisa iukt mah pengen ikut da

  20. jiaahhh…
    masih bersambung lagi…
    ckckckckk..
    krakatau effect masih beras yakz dit…:mrgreen:

  21. Pagi hari yang begitu indah,
    dengan segelas teh hangat di tangan
    berkunjung kerumah sahabat
    untuk sebuah kata

    SELAMAT PAGI!!!
    Ruang Tengah, 250210

  22. membuat aku pengen jalan2 ke sumatera………………..

  23. bumi sumatera yang indah

  24. Yah sudahh baca pelan-pelan terus diikuti ternyata cerita bersambung… jadi ilang nie serunya… Sorry ya…

  25. bolak-balik merak-bakauheni malahan belum ke krakatau, belajar dari adit dulu ah, ditunggu lanjutannya

  26. salam sejahtera, ..
    berkunjung ditengah panasnya hari, semoga hati kita diberikan keteduhan, seteduh dibawah rindangnya pepohonan yang menghias kaki krakatau ..

  27. Wah saya bolak balik merak bakauheni karena kerja doang, apalagi ke krakatau belon pernah…. huhuhuuuu… pingin banget… asal gak mletus ajah..

  28. pantesan Kutu dah lama gak OL, ternyata masih di Krakatau.
    hati2 ya Kutu, dan jaga kesehatan.
    Ditunggu lanjutan ceritanya.
    salam

  29. Jalan-jalan teruuss, kok gak ajak-ajak saya sih

  30. kyknya seru kesana, lum pernah euy

  31. JIka da waktu silahkan singgah ke Sumatera Barat disana ada gunung merapi dan singgalang

  32. hu..hu…asik nih jalan-jalan terus…
    selalu di tunggu cerita-cerita dari Kutu…😛
    oya, mampir ke tempatku ya..
    ada kado special buat Kutu, semoga sudi menerimanya ya..😀
    http://anyanfit.wordpress.com/2010/03/11/my-first-award/

  33. Iya saya dulu naik kapal tampomas dari teluk bayur – tg priok lewat krakatau..

  34. kok belum update……………………………………………..

  35. Salam Takzim
    Jauh kau pergi meninggalkan blog, semakin sepi rasa ini, rindu mencari berita dari kutu yang rajin membaca buku,
    Salam Takzim Batavusqu

  36. Nice journey.. asik ya. Sy juga belum pernah ke sana.

  37. hmm … nice …

    kapan y ana bisa kesana ?

  38. Wahhh gw kapan ya kesana??😦

  39. Salam Takzim
    Sahabat mohon maap mau ngajak ikutan Earth Hour nanti malam, ikutan yuk kesini
    Terima kasih
    Salam Takzim Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s