Berkencan Dengan Buku

Diawali dengan rengekan adik kutu yang minta beliin buku Biologi, jadilah kutu yang baru pulang kerja langsung meluncur dengan Ricky si Belalang Tempur ke 3 toko buku besar : Gramedia Gajah Mada, Gunung Agung Kwitang, dan akhirnya … Gramedia Matraman yang gede banget itu (kayaknya paling gede se-Jakarta deh, iya gak sih?), dan semuanya berakhir dengan jawaban yang sama, “wahhh … sudah abis mas!” Padahal kutu gak nyari buku aneh-aneh lho, cuma cari buku pelajaran Biologi Kelas 3 SMA terbitan ESIS, klo rekan pembaca ada yang punya, minjem dunk, hee … Gambar covernya kayak gini lah :

Biologi 3 SMA

Sudahlah, itu hanya intermezo koq, hee hee. Akhirnya setelah nyari buku gak ketemu-temu, akhirnya kutu melewatkan malam rabu yang indah itu dengan berkeliling Gramedia Matraman sampe kaki bengkak-bengkak gara-gara muter-muter liat-liat buku. Istilahnya kutu yah “Berkencan Dengan Buku”, ^^. Seneng bisa sesaat di lautan buku yang bagus-bagus dan bermanfaat tentunya, sumpah hawanya beda banget kalo kita masuk Pasar Seni Ancol yang banyak patung n lukisannya, uups. Favorit kutu adalah di Lantai 2, tempatnya buku agama, sastra, psikologi, pengembangan diri, sejarah, dan komputer.

Mari kita sedikit menelisik buku-buku yang kutu temukan di sana. Diawali dengan sebuah buku yang mengguncang kutu karena tiba-tiba masuk soal Try Out USM STAN yang diikuti adik kutu. Mengapa kutu bilang “mengguncang”? Karena sebagai seorang kutu buku, dan kebetulan ada soal tentang buku, koq yah kutu gak bisa jawab. Pertanyaannya sederhana : Siapa pengarang buku “Eat, Pray, and Love?” Dan akhirnya kutu menemukan jawabannya …

Eat, Pray, and Love

Eat, Pray, and Love

Mengapa buku ini begitu penting hingga masuk soal Try Out USM STAN? Kalo menurut kutu sih karena sepertiga bukunya berisi dengan cerita-nya si pengarang ketika di Indonesia. Lanjut ke buku berikutnya … Nah, kalo yang ini mengingatkan kutu pada postingan “Selamat Datang di Surga Kemunafikan.” Di situ kutu berbicara tentang bobroknya sistem kesehatan kita, dan di sini kutu menemukan jawabannya. Dengan komentar dari Ibu Dokter Siti Fadillah Supari, dan beberapa dokter-dokter hebat lain, buku ini sepertinya layak sebagai bacaan seorang dokter atau calon dokter yang sedang mencari jati diri.

The Doctor

The Doctor

Selain buku-buku itu ada beberapa buku lain yang memancing rasa ingin tahu kutu seperti :

  • The Black Swan – Nassim Nicholas Taleb
  • Master Mic – Larry King
  • The Lost Symbol – Dan Brown
  • Korupsi Mengorupsi di Indonesia
  • Dll …

Akhirnya sampai juga kutu di penghujung posting, alkisah kutu belum punya cukup uang untuk membeli buku-buku di atas jadi kutu belum sempat membuat resensi yang lebih mendalam. Walau hanya 1 malam, kencan kutu kali ini betul-betul menyenangkan.

Jangan Pernah Lupakan Buku, Karena Buku akan Setia Menuntunmu Dalam Kegelapan

37 responses to “Berkencan Dengan Buku

  1. Kutcay, Dan Brown itu kapan berhenti bikin novel tanpa simbol..? hihiii
    kencan dengan buku seperti cara Kutu itu oke juga, lumayan menghilangkan rasa penasaran.

    hee, belum ada matinya itu dan brown, tapi bukunya tebel2 sih, mahal pula … yah daripada ke tempat aneh2 bundo, mending ke toko buku deh

  2. Ya, eat pray love nya EG memang rocks! Kedatangan Julia Robert di Bali, merupakan iklan tanpa bayaran untuk pantai [apa ya, lupa] tempat syuting Julia. Kini Bali kembali rame!

    Kutu bisa betah ya di toko buku? Saya ga begitu suka baca buku…
    *pantesan bodoh*

    mbak nunik dah baca yah … bikinin resensinya dunk, belum bisa beli neh, huu huu

  3. Wah saya tidak punya buku itu mas. Maap gak isa minjami➡

    gpp mas, itu intermezo doank koq …

  4. duh, bahagianya bisa kencan dengan buku.
    kapan ya bunda bisa meluangkan waktu utk berpuas2 seperti Kutu di toko buku.
    salam.

    seru lho bunda, lalu lalang dikelilingi ribuan buku kayak gt, hee … kepuasan tersendiri …

  5. kalau belum berkesempatan beli buku, baca yang ini aja dulu Kutu: http://hardivizon.com/2010/01/20/three-cups-of-tea/😀

    sudah kutu baca neh uda … hoo hoo, baru baca postingan uda aja berasa dah baca keseluruhan buku, hii, ntar kalau ada rejeki beli bukunya ahhh

  6. kalo di Jakarta persis banget sama Mas, nongkrong di Gramedia Matraman memang asyik. GunungAgung tidak kalah asyiknya. Kedua toko itu yang sering saya sambangin.
    Baca buku itu memang mengasyikkanMas.
    Trims. Salam hangat selalu🙂

    hee, daripada ke tempat2 yang gak jelas dan penuh maksiat, mending ke toko buku deh, hee ^^

  7. saia pecinta buku, suka gelap mata klo sdh di toko buku.Rasanya smua pengen dibeli….:::D
    entahlah, para penjual kata2 itu telah meracuni otak saia

    koq sama yah kita bun … senang membeli. walaupun untuk baca terkadang kutu pun sering malas, hee

  8. the black swan >>> itu buku juga bikin aku penasaran. nggak salah ada yang satu laginya (lupa) dengan pengarang yang sama. hmm,,, udah pernah baca dunia shopie nggak dit ?

    belum pernah baca tuh jee … klo boleh tahu isinya tentang apa?

  9. Saya punya Black Swan …
    Baru sepertiga saya baca …
    ndak kuat saya …

    mesti pelan-pelan bacanya …
    usia tak bisa dibohongin …

    Salam saya

    isinya tentang apa oom … kasih resensi dikit dunk ^^

  10. Eat, Pray, and Love???
    belum pernah denger.
    pingin baca.
    ada yang punya ga??? pinjem poo…

  11. sayangnya saya tak lagi bisa lagi belanja buku seenaknya, ada yang negur

    siapa tuh kang … pengurus pengeluaran rumah tangga y? hee ^^

  12. Kalau dulu saya selalu membawa buku kemanapun saya pergi, tapi buku yang saya bawa selalu karya Jan Mintaraga ( Kenal ? ) dan Asmaraman S. Khoo Ping Hoo.

  13. Tapi saat ini bacaanya sudah beralih ke yang lain. Sampai sekarang saya masih membaca Majalah Tempo ( The Magazine in Indonesia ), Robert T. Kiyosaki ( semua ), Rhenal Khasali ( Re-code Your Change DNA ) dan beberapa buku-buku lainnya. Harry Potter ? sudah Tamat….he…he..

    wahhh …kiyosaki itu kutu tertarik bgt ^^, siapa sih beliau ?

  14. kutcay, aku jadi kangen dengan gramedia matraman😦
    pelajaran biologi kelas 3 sekarang beda ga ya dengan jaman aku esema?
    *paling suka hukum mendel*

    kalo kutcay rajin jalan2 ke fxmall ada pameran lego dan rubiks (ini promosi)
    wehehhehee

    emang julie sma nya tahun berapa, hee. klo ke fx bisa ketemu julie gak? ^^

  15. Kalau saya lg ditoko buku seneng sekali kayak kutu, tetapi senasib dgn kutu, bahkan lebih parah tdk punya duit untuk beli, he.he.he….
    Salam “guspur”

    ternyata banyak juga yah yg setipe sama kutu, hee … apa yah istilahnya, mafia toko buku?

  16. Untuk itulah, saya suka sekali buku.. Bahkan kecepatan membacanya jauh tertinggal dari kecepatan membelinya..🙂

    haa, sama persis sama kutu ^^

  17. kencan dengan buku memang menyenangkan. dia cuma transfer ilmu ke kita tanpa pernah protes.😀

    harusnya kita tuh kayak buku … membagi ilmu dengan ikhlas tanpa takut ilmu kita hilang ^^

  18. wahh, kutu memang benar-benar kutu baca buku… saya udah baca The Black Swannya nassim nicholas taleb… bagus tuh

    mbak, minta resensinya dunk ^^

  19. the doctor nya cuco buat beedoctor atuh ya…..

  20. Berkunjung lagi mas. Lagi ingin mampir. Maaf saya tidak bawa Oleh-oleh. cuma ini saja komentar silaturahmi. mohon di terima dengan lapang dada hehe salam adem ayem deh murah sandang pangan. Selamat dunia akhirat

    dengan mampir aja itu udah oleh2 yg terindah buat kutu …salam hangat pagi hari mas ^^

  21. kemaren ada novelku ga disana?😛 ehehehhehe…

    ada koq, cuma lupa kutu foto mbak, hee …Still Loving U kan ?

  22. Betapa asiknya berkencan dengan buku. Saya kalo udah ke toko buku gede begitu, mata jadi jelalatan dan nafsu pengen beli buku mulu. Sayang duitnya cekak, makanya baca gratis aja di toko buku ituhhhh…
    salam
    http://alrisblog.wordpress.com

    haa, saya tipe yang suka malu baca buku di toko buku, takut dimarahin penjaga tokonya, hee…tp berhubung duit makin cekak, sepertinya musti membiasakan diri kayak gt deh ^^

  23. sungguh asyik.. bisa berkencan dengan buku…
    salam hangat mas,

    hayo mas arsumba mau cerita2 jg gak pengalaman berkencan dengan siapa kek gt, hii ^^

  24. salut saya sama abang

    terima kasih …salam kenal ya ^^

  25. buku adalah sumber ilmu, sayang harga buku ikut-ikutan harga beras …

    yah …ngasih subsidi ke sekolah aja kadang penyalurannya gak bener, apalagi subsidi buat nurunin harga buku

  26. Ping-balik: Tung … Itung … Berapa Harga Komputer Anggota DPR? « KutuBacaBuku

  27. ampe skg saia msh nyari anak smua bangsa kut..
    *tpi yg aga murahan dikitt* fufufufuu…

  28. the doctor, hargany berapa ya?
    ahahaha,,, biasany di gramed hargany lebih mahal.
    di toko selain gramed, kira2 ad yg jual ga ya?

  29. udah lama gak menghabiskan waktu di gramedia untuk baca2:D

  30. lanjutkan! (berkencan dengan bukunya)

    dida gak mau ikutan berkencan dengan buku, seru lho ^^

  31. Ping-balik: HCG Levels in Early Pregnancy

  32. Another important issue is that if you are a senior, travel insurance for pensioners is something that is important to really take into consideration. The more mature you are, greater at risk you’re for permitting something undesirable happen to you while overseas. If you are definitely not covered by a few comprehensive insurance cover, you could have some serious problems. Thanks for expressing your advice on this blog.

  33. Ngeliat tulisan lama ini, jadi ketawa2 sendiri, hii … alhamdulillah sampe sekarang masih suka kencan dengan buku, walau gak sampe “Nikah sama Buku”😀

  34. Jangan bersedih ketika melakukan salah. Karena kesalahan kita banyak belajar karena kesalahan kita menjadi pintar.

  35. Sesuatu yang menyenangkan bagaimana seseorang mampu membuatmu tersenyum hanya dengan memikirkan dirinya Happy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s