Kemudian(dot)com Dalam Sorotan

Sehubungan dengan datangnya hari ibu pada tanggal 22 Desember 2009, maka kali ini kutu akan sedikit menjelaskan tentang Kemudian(dot)com, salah satu situs penggerak sastrawan-sastrawan muda indonesia untuk terus berkarya. Lalu apa hubungannya dengan ibu? Yah dihubung-hubungin aja deh ^^

Dalam kesempatan ini kutu beruntung karena dapat mewancarai secara langsung seorang pengguna dan aktivis situs tersebut, mari kita simak bersama (yang suka nulis, wajib baca !) :

Kutu : Selamat malam Mbak, bisa perkenalkan dengan singkat tentang diri Mbak? Mulai dari nama, umur, dan asal sekolah, hee ^^

Mbak Pamela : Ehhmm, nama asli Pamela Al-Hurriyah, nama panggilan banyak tapi lebih umum di panggil nona or Vella. Tadinya nama kavellania ntuh buat nama anak cewek aku tp malah keduluan nama pena aku. Umur mah udah tuwir (apa masih muda yaaakk ?! ^^) masih 23 tahun. Lulusan IT salah satu peguruan tinggi cirebon, tp kuliah dgn setengah hati krn salah jurusan.

Kutu : Ada hubungan darah dengan Pamela Anderson ?

Mbak Pamela : Ehmmm, ada ada, dr nabi adam, hee.

Kutu : Hee, baik. sejak kapan mbak bergabung dengan Kemudian(dot)com ? (lucu juga ternyata Mbak kita ini yah)

Mbak Pamela : Februari 2008 kalo nggak salah.

Kutu : Bisa dijelaskan dengan singkat, apa sih Kemudian(dot)com itu ?

Mbak Pamela : Kemudian(dot)com adalah situs para penulis pemula atau tempat yang tepat untuk orang yang tertarik belajar mengarang dan berpuisi karena di sana kita tidak saja di tuntut menjadi pembaca, penulis, atau komentator, tapi kita juga dituntut dalam mental kita sebagai penulis dengan banyaknya kritik tajam menghampiri kita dan dari situ kita bisa lebih bijak menghadapi semua kritik yg masuk.

Kutu : Situs-situs lain banyak menawarkan hal yg serupa sebagai wadah para penulis lalu apa yang berbeda dengan Kemudian(dot)com ? Apa daya tarik awal situs tersebut hingga mbak berminat aktif di sana?

Mbak Pamela : Daya tariknya adalah situs itu menjadi ajang tuker ilmu misalkan di situs lain kan blom ada tuh yg link langsung ke YM kita nah jd klo ada komen yg kurang berkenan atau butuh pembelajaran di balik layar, bisa kita PM tmn2 kita itu. Itu jg menambah kedeketan emosi tersendiri dari para user idnya.

Kutu : Nahh … berhubungan dengan emosi antar user, ada pengalaman menarik gak mbak dengan user lainnya secara emosional ?

Mbak Pamela : Ada salah satu user id cewek dia sahabat baik dan udh aku anggap sodara tp rupanya selama ini dia hidup di dunia maya dalam kebohongan. Dan aku termasuk korbannya. Kebohongannya berkali-kali padahal dgn dia jujur pun nggak masalah toh aku tulus sahabat sm dia. Skarang stlh kebohongannya terbongkar dia gak pernah OL lg di dunia maya, hikss, padahal aku kangen bgt sm dia.

Kutu : hoo … sabar yah mbak.

Mbak Pamela : Jadi curhat nehh, hee. Trs yg kedua adalah pengalaman kopdar kopdar sm si olip wktu itu, aku lg kerja di Jogja trs di suruh ke Semarang. Aku nyampe malem2 dan di jemput sama topan dan mbak naning. Sempet dikerjain juga sm topan (Nyebelin) tp berkesannya gini, aku sm olip kan baru pertama kali ketemu tp udah kayak sahabatan lamaaaa bgt lsg ngegosip, curhat2an, dll dan aku nginep di rumah dia.

Kutu : Hee, saking akrab dan terbukanya berarti yah mbak. Hmm … sampai saat ini, saya dengar sudah banyak anggota Kemudian(dot)com yang meluncurkan buku.

Mbak Pamela : Banyak bgt.

Kutu: Kebanyakan berupa apa Mbak? novel atau yang lain ?

Mbak Pamela : Kebanyakan mah berupa novel dan kumpulan puisi, klo kumpulan cerpen cma mas bamby doang. Waduh saking banyaknya aku malah nggak ngitungin. Seneng banget dan rata2 dr mrk malah nggak pelit sm ilmunya.

Kutu : Senangnya pasti hidup dikelilingi penulis2 kayak gt, hufh selain yg baik2 neh mbak ada gak hal yg kurang nyaman bagi mbak di Kemudian(dot)com ?

Mbak Pamela : Kurang nyaman mah nggak ya, cma aku sangat menyayangkan aja yg hobi buat banyak id en yg hobi plagiat2an. Oiya aku jg kurang nyaman krn skr forum dan situs di pisahin.

Kutu : Oiya, sekarang ini juga saya mau buka Kemudian(dot)com koq gak bisa2 yah mbak?

Mbak Pamela : Nah itu dia, lg koma situsnya skarang. Abang admin rizky sibuuukk bgt bgt ngurus situs2nya yg lain.

Kutu : Apa harapan mbak buat Kemudian(dot)com ke depan?

Mbak Pamela : Harapannya cuma satu, jangan koma terus karena banyak keluhan dari adik2 yg baru masuk mrk baru belajar menulis dan ingin belajar lg.

Kutu : Jadi semangatnya kendor lagi yah ?

Mbak Pamela : Iyaaa betul, klo yg kemaren sampe sebulan-dua bulan itu servernya down

Kutu : Apa pesan mbak buat adek2 yg baru masuk atau baru berminat untuk ikutan Kemudian(dot)com ?

Mbak Pamela : Terus berkarya dan jangan banyak mengeluh kalo dikritik karena kadang kritikan itu justru membantu daripada pujian. Dan jangan karena kritikan lantas karyanya hanya dijadiin pelengkap data saja di komputer. Percuma, karena menulis pun butuh belajar dan proses yang memakan waktu.

Kutu : Oke mungkin itu ajah, terima kasih yah mbak atas waktunya di dialog yg aneh ini, hee.

Mbak Pamela : Oiya ada satu tips neh untuk pengguna Kemudian(dot)com.

Kutu : Apa tuh Mbak?

Mbak Pamela : Klo mo ngetop di Kemudian(dot)com mah gampang, beramah tamah sm senior dan (belagak) minta belajar trs tebar pesona sm newbie.

(Kami pun tertawa terbahak-bahak)

Bagi para pengguna Kemudian(dot)com, Kutu melakukan wawancara ini tidak untuk maksud apa-apa kecuali memperkenalkan Kemudian(dot)com kepada masyarakat luas. Mungkin banyak orang saat ini yang bisa dan ingin menulis, tapi tidak tahu bagaimana cara mengembangkan dirinya, Kemudian(dot)com bisa menjadi salah satu alternatif komunitas.

Semoga bermanfaat … ^^

8 responses to “Kemudian(dot)com Dalam Sorotan

  1. kemudian dot com nya kok ga bisa dibuka?

    Kan di atas sudah disebutkan bahwa sekarang sedang down … mungkin beberapa hari lagi dicoba aja mas, kutu udah pernah jadi membernya koq, tapi karena sedikit males, akhirnya out juga ^^

  2. sumpeh dit, ayee ngakak baca hasilnyaaa…
    deuh tips yang paling bawa ketahuan dah “aib” ayeee =))
    makasih makasih adit

    jadi siap donk neh buat wawancara selanjutnya? hee, ini kan wawancara serius mbak, koq malah ngakakn c, hihihihihi ^^. Hayo siapa lagi yg mw diwawancara kayak mbak kave ?

  3. HAHAHAHA. Like this like this like this!🙂

    ini gak ada rekayasa lho, langsung dicopy paste dari wawancara ala YM, hee … inilah mbak kave yg sebenarnya ^^

  4. wah, Kutu udah cocok jadi jurnalis utk mewawancarai seleb..he..he…..
    terus gmana tuh,khan situsnya lagi koma?
    terima kasih utk sharingnya ya Kutu.
    Salam.

    Hee, bunda tahu aja klo kutu bercita-cita buat jadi jurnalis ^^, iya neh kita sama2 nunggu kapan situsnya nyala lagi, bahkan mbak pamela sempet bikin petisi mau buat demonstrasi, hee hee. mungkin di reboan malam ini bakal dibahas kali, salam bunda

  5. Aktifitas Mas Kutu ternyata banyak ya. Salut saya

    hee, sok sibuk doank tahu mas, selebihnya cuma ikut2an, hee

  6. langsung berangkat ke TeKaPe deh gan😀
    mudah-mudahan sayah juga jadi bisa menulis😛

  7. kerreenn…untuk pemula sepertiku keknya cuco banget ya …sayang lagi koma…

    alhamdulillah skarang dah sehal wal afiat mbak … silahkan dinikmati yah kemesraan dalam kata2nya

  8. Ping-balik: Reboan #21 (with photo) « KutuBacaBuku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s