Hari Guru yang Terlupakan

Para pembaca sekalian, ada cerita menarik ketika kutu mau berangkat kerja tadi pagi? Ada cerita apa sih kutu? Begini ceritanya :

Seperti biasa kutu harus bangun pagi2 untuk nganterin adek kutu yang masuk sekolah jam setengah 7 pagi. Padahal kutu tuh baru masuk kantor jam 8, tapi apalah daya, lumayan lah ngirit ongkos adek. Tapi tiba2 adek kutu berseru kayak gini

Adek Kutu : Oiya, hampir lupa bawa topi?

Kutu : Buat apa bawa topi ? Sekarang kan bukan hari senin …

Adek Kutu : Gak tahu, katanya sih hari guru

Kutu : Emang hari guru tanggal berapa?

Adek Kutu : Hmm, nggak tahu

Berakhirlah sudah perbincangan singkat itu, tapi ada satu hal yang mengganjal di hati kutu. Bagaimana mungkin kutu dan adik kutu (dan mungkin banyak pembaca) tidak menyadari kalau hari ini tanggal 25 November adalah Hari Guru. Padahal kita selalu hafal kalo hari pahlawan itu tanggal 10 November. Jadi apakah guru memang tidak layak menjadi seorang Pahlawan tanpa tanda jasa? Ataukah kita yang lalai memberikan apresiasi kepada guru sebagai seorang pahlawan? (duhh, njelimet gak sih?)

Terlepas dari itu semua, ada fakta menarik bahwa ternyata hari guru tidak dilangsungkan secara serentak di seluruh dunia, alasan peringatannya pun bermacam2 lho, di bawah ini kutu berusaha menyusun list hari guru di seluruh dunia dari yang paling awal berlangsung dalam setahun. Klo kurang mohon ditambahi ya.

Thailand : 16 Januari

Albania : 7 Maret

Ceko : 28 Maret

Iran : 2 Mei (Peringatan wafatnya Morteza Motahari)

Amerika Serikat : minggu pertama bulan Mei

Korea Selatan : 15 Mei

Meksiko : 15 Mei

Malaysia : 16 Mei

Peru : 6 Juli (peringatan resolusi pendidikan oleh Jose Bernardo de Tagle)

Singapura : 1 September (Hari Libur Nasional)

India : 5 September (Ultah Presiden Dr. Sarvapalli Radhakrisnan)

RRC : 10 September

Hongkong : 10 September

Argentina : 11 September (peringatan wafatnya Domingo Faustino Sarmiento)

Taiwan : 28 September (Ulang Tahun Konfusius)

Rusia : 5 Oktober

Pakistan : 5 Oktober

Filipina : 5 Oktober (Perintah Presiden No. 479)

Polandia : 14 Oktober

Brazil : 15 Oktober

Chili : 16 Oktober (Peringatan berdirinya Institut Guru Chili)

Australia : Jum’at terakhir bulan Oktober

Vietnam : 20 November

Turki : 24 November

Indonesia : 25 November (Ultah PGRI)

Dari data di atas ada data yang bisa kita tarik bahwa ada satu tanggal yang diperingati lebih dari 1 negara sebagai hari guru, seperti tanggal 5 Oktober yang diperingati sebagai hari guru di Rusia, Pakistan, dan Filipina. Dan uniknya, Negara yang paling terakhir memperingati hari guru dalam setahun adalah Indonesia !!!

Kepada semua Bapak Ibu Guru (terutama guru-guru kutu dari tk ampe kuliah), dan mungkin kepada para pembaca yang kebetulan berprofesi sebagai guru, kutu ucapkan :

HAPPY BIRTHDAY

Semoga ke depannya kita bisa lebih memaknai peran guru sebagai seorang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

28 responses to “Hari Guru yang Terlupakan

  1. sama, awak juga lupa gan! tap untung subuh2 ada yg sms, ngucapin selamat gituh

  2. Terima kasih sekali atas infonya Mas, baru tahu beberapa hari guru di atas.
    Selamat Hari Guru, semoga kesejahteraan para Guru semakin baik dan semakin diperhatikan sama semua komponen bangsa.
    Salam hangat selalu🙂

  3. saya aja baru tau hari inin…
    parah deh…

  4. selamat hari Guru, semoga pendidikan anak bangsa kedepan lebih baik lagi seiring dengan meningkatnya alokasi kesejahteraan bagi para guru kita.😆

  5. Guru
    hidup guru

  6. Semoga guru jangan dilupakan

  7. Halo bos jangan baca buku aja..

  8. Banyak koleksi bukunya bagi dung…

  9. Salam perkenalan ya Bos

  10. Selamat hari raya Idul Adha

  11. Sukses selalu..
    Maaf cuma silaturahmi..

  12. Sebentarrr yahhhh
    Besok kemari lagiii

  13. Mas, Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha ya.
    Salam hangat untuk keluarga🙂

  14. guru dimuliakan oleh Allah dan para malaikat.. sehingga di semua tempat di muka bumi ini pasti akan selalu menghargai jasa seorang guru

    • @KangDang : Makasih yah dah ngespam ^^

      @KangYayat : Buat idul adha ada tempatnya mas di bawah postingan ini. BTW, Met Ied jg yah

      @Bundo : Kmana aja sih bundo? kangen nehh …

  15. Numpang OOT :
    Terima kasih Mas masih bersemangat di blog saya🙂

  16. karena sudah terlanjut disebut pahlawan tanpa tanda jasa, maka akibatnya pula jangan harap untuk minta diingat-ingat, mungkin itu penyebabnya

  17. asalkan guru nya emang pantas disebut pahlawan.. heheee
    soalnya pesimis banget sih, guru jaman sekarang *terutama di kota besar* kebanyakan materialistis & pemalas
    beda banget deh dg guru2 jaman dulu yg beneran tulus.
    saya ga bilang semua guru jaman sekarang kaya gitu ya, mungkin masih ada yg tulus & bener bertanggung jawab dalam profesi nya, tapi terus terang saya belum lihat.. heheee

  18. Absen Mas ah, sambil nunggu postingan terbarunyah.
    Salam sukses selalu🙂

  19. Selamat Hari Guru,
    bunda juga lupa kalau sekarang hari guru.
    Semoga pendidikan di negeri kian meningkat lebih baik, amin.
    Salam.

  20. isin aku mas ..
    aku termasuk yang tidak tahu hari guru ..
    Met hari jadi guru ya Pak, Bu Guru ..

    Cara Membuat Web

  21. @ kang sunarso : iyah juga yah kang, coba guru pengennya jadi “pahlawan dengan banyak tanda jasa”, pasti hari guru bakal diinget terus

    @ mbak sinopi : iyah mbak, jadi inget lagu oemar bakri yah ^^

    @ bunda : tuh kan bunda jg lupa, moga2 tahun depan kita sama2 inget deh

    @ cara membuat website : jangan begitu ahh, kutu jg jd malu nehh T-T

  22. Mudah-mudahan bisa dijadikan momentum untuk lebih berkarya dengan hati, bukan sekedar sarana mencari rezeki saja sehingga gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” betul-betul cocok buat para guru.

  23. Jangan tangisi kesalahan tapi tersenyumlah karena setiap kesalahan mengajarkanmu agar berupaya lebih baik lagi.

  24. Seorang ibu tidak pernah memintamu untuk meletakkan dunia di tangannya namun tutur kata yang halus perangai yang santun prilaku yang bertanggung jawab dari seorang anak yaitu kebahagiaan bagi seorang Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s