Bingung neh mau nulis apaan !!

Sebagai sambungan dari sabda-sabda kutu kemarin, kini kita bahas sebuah hal yang menjadi momok bagi para blogger untuk eksis di perjagadan maya. Memang tujuan kita menulis di blog bukanlah mencari ketenaran atau uang malah, tapi apa salahnya kita mengikuti aturan-aturan tak resmi yang tercantum dalah KUHP (Kumpulan Undang-Undang Harap Perhatikan).

Salah satu peraturan tak resmi yang ada adalah, bila ingin blog anda dikenal, rutinlah menulis, minimal seminggu 4-5 kali. Ini menunjukkan keseriusan anda dalam ber-blogging ria, bukan hanya menulis sebulan sekali, itupun tulisannya gak bermutu, lha kayak kutu ini (huu, ngerasa nehh). dari sinilah masalahnya timbul, kita sering mati ide buat nulis, bingung mau nulis apaan. Hmm … baiklah, kutu coba bantu. Inilah barang-barang yang bisa anda cantumkan di blog anda, antara lain :

1. Anda bisa menulis tentang apa yang anda temui hari ini dalam rutinitas anda sehari-hari. Lebih baik kejadian yang menarik dan unik, tak banyak orang yang mengalaminya. Misalnya teman sekelas lupa pakai celana dalam, atau rekan sekantor sampe lari thawaf ngelilingin gedung kantor gara-gara nemuin bangkai kecoa di kolong mejanya, dan hal-hal lain seperti itu.

2. Bila pekerjaan anda terlalu membosankan untuk diubah menjadi sebuah tulisan menarik, atau keadaan di kampus lagi adem ayem aja dan gak ada kisah yang perlu digembar-gemborkan, maka anda patut mencoba cara kedua. Anda bisa menulis tentang kejadian yang tidak anda alami sendiri tapi sedang hot-hotnya di luar sana. Seperti kisah “Arahonam” dan ibunya yang lebay dan sok aji mumpung, kejadian bom yang sampai jadi big hits di twitter, atau mungkin cerita Juve yang ngalahin Real Madrid dengan segudang bintang palsunya. Terlalu banyak hal menarik di luar sana yang perlu diceritakan, tinggal rajin-rajin ajah “googling” (kata ini dah maksud kamus oxford loh), atau baca koran, n majalah.

3. Bila dalam kedua hal itu anda ngerasa udah mentok banget, maka carilah alternatif yang lain. Cara yang ketiga ini bisa anda pakai koq, lewat sedikit perjuangan, hoo. Apa sih kutu, cara yang ketiga ini? Cara yang ketiga adalah mencari inspirasi dengan membaca blog-blog milik orang lain.Kutu gak ngajarin para pencari kutu buat jadi plagiator, tapi mencari inspirasi. Seperti yang kutu lakukan sekarang, menulis tentang blog, ini terinspirasi dari karya-karya kawan-kawan plus bis liat website Pesta Blogger 2009. Mungkin setelah membaca karya orang lain, anda akan menemukan sesuatu yang tidak dibahas oleh si empunya blog, dann … mainkan gan !!! Inget yah, jangan sekali-kali baca blog orang lain saat menulis, nanti jadinya y gak jauh beda. Cobalah buat sesuatu yang sedikit berbeda, biarkanlah pikiranmu mengalir laksana sungai Green Canyon. (hoo, jadi pengen ke sana)

4. Lain-lain … Koq gini sih kutu? Kutu capek, masih banyak banget yang bisa jadi bahan ide, tinggal gmana kreatifnya kita ajah. Internet punya segudang hal koq buat ditulis, yang penting … pertahankan mood dan semangat. CAIYO !!!

6 responses to “Bingung neh mau nulis apaan !!

  1. 4-5 kali seminggu ya..
    hyaaa, mungkin bundo belum sanggup, tapi ntar dicoba agak sering update, makaciy sharingnya ya Tu.. eh Dit.. **enaknya bundo panggil apa ya..

    • udah panggil kutu ajah, abis klo panggil “sayang” ntar ada yang melakukan pembunuhan berencana terhadap kutu ^^

      adit juga belom sanggup koq bundo … saling mengingatkan ajah (QS Al-Ashr). tapi skarang dah mulai ngejadwalin gt, kadang bikin sekarang tapi seting biar kepostingnya besok or minggu depan gt bundo, dah tw caranya kan?

  2. aduh kutu.. itu tulisan
    “This entry was posted on 1 Agustus 09 at 4:53 pm and is filed under Tips ngeblog. You can subscribe via RSS 2.0 feed to this post’s comments.

    Tags: ide blog, kreatif, manohara, real madrid, juventus, mencari ide
    You can comment below, or link to this permanent URL from your own site. ”
    sengaja di bikin kecil ya?? gak keliatan banget euy. apa nenek yang sudah tua ya?!?!

  3. hee … namanya juga kutu … g deng, ntar diatur dikit deh CSS-nya. Btw, ini siapa y? leh knalan ?

  4. Hi kutu! Ijin nge-link yah, newbie di dunia blogging nih!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s