Membuat Dunia (Jakarta) yang lebih baik …

Dunia ini pada umumnya, dan Jakarta pada khususnya, sedang mengalami penuaan dini sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Mengapa kutu sebut dini? Karena banyak sekali faktor luar yang mempercepat penuaan pada kota yang (sebenarnya) sangat kutu cintai ini. Manusialah yang paling berperan dalam merusak ekosistem dan keasrian lingkungan kota menjadi seperti yang sekarang ini. Mereka membuang sampah sembarangan, mencorat-coret fasilitas umum, mencuri inventaris pemerintah di jalanan, mendukung penuh perkembangan polusi di segala bidang, dan lain-lain. Tanpa rasa bersalah mereka merusak segala yang telah dibuat; sungai, jembatan penyeberangan, halte, kolong jembatan, telah kehilangan jati diri dan fungsi aslinya.

Oleh karena itu, harus ada orang-orang yang berusaha untuk berubah. Keluar dari zona comfort mereka menuju dunia yang penuh dengan kesulitan pada awalnya, namun penuh kenyamanan pada akhirnya. Banggakah kita bila kota yang kita cintai menjadi bersih, nyaman, aman, dan terlalu indah untuk ditinggali. Begitu banyak hal-hal yang sebenarnya remeh yang bisa kita lakukan, namun sering diabaikan orang, di antaranya :

1. Jangan memakai kendaraan dengan knalpot mengebul ataupun bajaj. Sesuatu yang paling membuat kutu ngerasa gak nyaman tuh klo berada di belakang bajaj atau kendaraan dengan asap yang mengepul. Bayangkanlah berapa luas ozon yang terkeroposi olehnya setiap hari. Bayangkan berapa banyak racun yang masuk ke paru-paru kawan kita, sesama warga Jakarta yang kita cintai, setiap kita memacu kendaraan kita. Padahal bila orang itu berada di belakang kendaraan yang seperti kendaraannya, pasti ia tidak akan merasa nyaman.

2. Masih terkait dengan hal yang di atas, kurangilah atau bahkan hilangkanlah kebiasaan merokok dari diri anda. Kita rugi materiil dan spiritual karenanya. Kutu pribadi setuju dengan pendapat bahwa rokok itu haram. Minimal bagi orang yang ingin merokok, karena saya merasa harus menghargai hak asasi setiap manusia, merokoklah di mana tak kan ada orang yang bisa menghirup asap rokok anda. Cobalah hirup bagaimana rasa asap rokok anda, atau tiupkan asap tersebut ke depan hidung anak bayi anda, maukah?

3. Pernahkah anda bayangkan apa gunanya Busway bagi Jakarta. Jangan melihatnya dari kacamata saat ini, tapi lihatlah dengan kacamata masa depan, karena kita hidup bukan hanya untuk kita sendiri tapi juga untuk anak cucu kita. Busway sangat berguna bagi orang-orang yang menginginkan kenyamanan dan kecepatan, sesuatu yang kita semua dambakan bukan? Jalur Busway juga berguna dalam keadaan darurat untuk kendaraan-kendaraan seperti Ambulans, Mobil Pemadam Kebakaran, atau Kendaraan VIP. Begitu pentingnya Busway ini, karena itulah ia dibuat. Permasalahannya sekarang, maukah kita berkomitmen untuk menjaga fungsi dan keberadaannya? Kutu sudah melakukannya, dan kutu yakin anda bisa. Mari mulai Gerakan Anti Masuk Jalur Busway … dan mulailah sekarang juga …

2 responses to “Membuat Dunia (Jakarta) yang lebih baik …

  1. Wah, kayanya kita punya concern yang sama ya sama kondisi Jakarta. Masalah transportasi publik biasa terjadi di negara berkembang, tapi Jakarta paling parah, bus2 tua ga layak jalan dan banyak copet, sementara naik busway juga bukan pilihan. Selalu rebutan dan desak2an, belum lagi jarak kedatangan antar busway yang makin kesini makin lama. Rumit memang, dan butuh waktu lama buat bikin kondisi Jakarta lebih baik. Cuman saya setuju kalau kita harus memulai dari diri sendiri😀. Anyway, nice post kutu, keep on writing ya..

    • Untuk hal-hal seperti ini … i have to fight, my hand won’t stop writing !!! Aminn

      Kutu selalu miris liat para manusia yang lebih besar dari kutu dan lebih memiliki kemampuan tak ada yang mau merubah semuanya. Oke Busway … tapi kenapa masih banyak masalah.Akhirnya MGM (mau g mau) y musti naek mobil dari kaleng ikan sarden ntuh … yang polusinya … ARRGGHH, gak tahan …

      klo blh tahu mbk dian domisili dmana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s