Tune Up Utilities 2009

Tune Up edisi terbaru ini adalah pengembangan dari versi-versi sebelumnya yang telah banyak tersebar di tahun 2007 dan 2008. Software tweaking yang begitu praktis ini begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bukan hanya karena modul-modulnya yang begitu pas dengan masalah yang sering kita hadapi, melainkan juga karena keunikan yang dimilikinya dari software-software tweaking yang lain. Bagi kalangan peminat IT pun, Tune Up 2009 ini lebih sering dipakai karena fungsinya yang bisa menghilangkan pengaruh-pengaruh virus secara manual, bukan dengan otomatis seperti anti virus- anti virus lain yang tidak membiarkan kita mengetahui proses yang terjadi di belakangnya.

Di versi terbaru ini, para pembuat Tune Up 2009 membuat tampilannya menjadi lebih futuristic. Mereka berusaha menyesuaikan perkembangan zaman yang mulai sedikit demi sedikit beralih ke Windows Vista yang lebih eye-catching. Begitu pula dengan Windows 7 yang dikatakan sebagai penerus windows vista, tetap mempertahankan sisi eye-catching-nya walaupun pihak Windows sendiri “gembar-gembor” bahwa Windows 7 ini mengaplikasikan Green Technology atau berusaha meminimalisir penggunaan resource akibat krisis yang dialami dunia ini.

Selain tampilan, letak-letak modul yang tersedia pun banyak yang berubah dengan versi-versi sebelumnya. Modul-modul yang sejenis berusaha disatukan dalam sebuah fungsi. Secara garis besar ada 7 fungsi utama yang bisa kita manfaatkan dari Tune Up ini, yaitu:

Start Page

Di fungsi ini, pengguna bisa mendapatkan saran-saran yang bisa diaplikasikan demi lancarnya kerja komputer yang bersangkutan. Contoh yang bisa kita lihat adalah saran mengenai program-program mana saja yang harus dihilangkan dari Start Up menu, dan mana yang tidak. Dalam fungsi ini juga terdapat peringatan bila kita belum mengaktifkan scheduled task untuk monitoring.

Hal lain yang membuat Tune-Up semakin menarik di modul Start Page ini adalah adanya saran-saran yang bisa membantu kita mempercepat kecepatan komputer. Selain itu kita juga bisa mendapat peringatan bila adanya struktur berbahaya pada komputer kita.

Increase Performance

Untuk meningkatkan performa mesin, Tune Up telah menyediakan modul yang berguna untuk mendefrag Harddisk. Seperti yang dimiliki Windows, namun dengan tampilan dan performa yang lebih baik. Ada juga modul defrag Registry yang berguna untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan struktur dalam registry dan kemudian mendefragnya.

Selain itu, Tune Up juga menawarkan modul yang berisi saran-saran bagaimana kita meningkatkan kecepatan mesin. StartUp Manager adalah modul yang banyak diminati karena mempermudah kita mengontrol program-program yang akan berjalan saat StartUp, salah satu penyebab lambatnya komputer kita. Semua modul di atas pun masih dilengkapi dengan sebuah Memory Optimizer yang mampu mengosongkan RAM kita secara otomatis ketika dibutuhkan. Dan uniknya, hal itu bisa berlangsung di Background tanpa kita harus menjalankannya sebelumnya.

Free up Your Disk

Penyebab lain lambatnya komputer kita adalah penuhnya Harddisk yang kebanyakan karena file-file yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh karena itu Tune Up menawarkan modul-modul yang bisa mencari dan menghapus file-file tersebut. Tune-Up juga mampu menonaktifkan fungsi-fungsi tambahan windows yang tidak begitu penting. Sebagai pensupport modul tersebut, ada Disk Space Explorer yang bisa menyediakan informasi lengkap bila kita ingin membersihkan Harddisk.

Clean Up Windows

Setelah program-program dan file-file yang tidak diperlukan dapat kita atasi, kini saatnya membersihkan windows kita dari hal-hal yang tidak perlu, bahkan mengganggu. Tune Up mneyediakan modul 1-Click Maintenance untuk versi praktisnya. Untuk versi manualnya, ada Registry Cleaner, Shortcut Cleaner, bahkan Uninstall Manager yang lebih tinggi performanya dibandingkan milik Windows.

Solve Problems

Modul-modul yang telah saya sebutkan sebelumnya hanya berfungsi sebelum adanya masalah. Namun bila telah terjadi masalah, apa yang harus kita lakukan? Tune Up punya jawabannya. Ada modul Disk Doctor untuk menemukan dan membetulkan kesalahan pada Harddisk anda. Ada pula Repair wizard yang bisa membawa kita menemukan kesalahan-kesalahan dalam Windows secara praktis. Yang terakhir, kita punya fungsi recovery dalam TuneUp Undelete.

Customize Windows

TuneUp adalah software yang tergolong “serius”, namun ia masih tetap menyertakan modul-modul tambahan yang membuat kita bisa sedikit bersenang-senang. Adalah TuneUp System Control yang membawa kita menikmati tampilan Windows yang lebih baik. Atau kita bis amenggunakan TuneUp Styler untuk mendesain sendiri bagaimana tampilan Windows kita sesuai pribadi kita masing-masing.

Additional Tools

Sebagai tambahan, TuneUp memiliki Process Manager untuk membantu kita mengamati proses apa saja yang sedang berjalan. Ada pula Registry Editor yang memudahkan kita merubah isi Registry secara manual. Shredder yang menghilangkan data tanpa bisa kembali, dan terakhir, System Information yang persis seperti yang dimiliki Windows namun dengan tampilan yang lebih interaktif.

Pembahasan selanjutnya yang lebih mendalam tentang Tune Up Utilities insya Allah akan saya posting di kemudian hari, selamat menikmati …

8 responses to “Tune Up Utilities 2009

  1. Review yang baguss

  2. makasih banyak atas sharingnya Kang.

  3. lw blh tulisan kase baik…………?

  4. klw b tulis kumis d cukur oky………………..?

  5. I have mastered some points through your website post. One other thing I would like to talk about is that there are lots of games out there designed specially for preschool age kids. They consist of pattern acknowledgement, colors, family pets, and patterns. These typically focus on familiarization in lieu of memorization. This helps to keep children and kids occupied without sensing like they are studying. Thanks

  6. Sadarilah mengeluh tidak menyelesaikan apapun. Mengeluh hanya akan menambah beban dihati. Berhentilah mengeluh segera bertindak!

  7. Jika kamu ingin seseorang percaya padamu hal pertama yg harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu mempercayai mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s