Rilis Windows 7 Beta

Menurut selebaran yang disebarkan Microsoft, Windows 7 dikabarkan mampu berjalan pada selain PC, Ultra Low Cost PC, dan Servers, dan itu terbukti. Dibuktikan bahwa Windows 7 mampu berjalan pada mobile phone , namun mungkin baru bisa terealisasi maksimal pada tahun 2010. Di awal Januari 2009, Microsoft menyediakan versi Beta dari Windows 7 ini untuk didownload secara gratis, baik versi Client ataupun Server (Windows Server 2008 R2). Para penguji coba yang mendownload itu, hanya mendapatkan wajah Windows 7 sebagai sebuah Operating System yang baru. Namun di Windows 7 Official Hotspot, kita bisa melihat dengan jelas sebuah smartphone yang menjalankan Windows 7 dengan wallpaper uniknya yang berbentuk ikan.

Dengan motto “Ikuti petualangan kami dengan munculnya Windows baru”, Microsoft memberikan sinyal bahwa pengembangan selanjutnya pada Windows Mobile, atau Windows Mobile 7, akan terkoneksi dengan erat pada Windows 7. TEntunya ini masih sekedar scenario, Microsoft belum mampu memberikan penjelasan lebih lanjut tentang scenario tersebut.

Bagaimanapun juga, ini adalah sebuah terobosan baru bagi Microsoft. Perubahan besar-besaran promosi Windows Live dan Windows Mobile yang berharga 300 juta dollar kepada Windows 7. Kita bisa lihat di sini bahwa Windows sedang berusaha mempersatukan antara PC, Laptop, dan Mobile Phone / Smartphone, yang mana hanya bisa terwujud dengan pengembangan Windows 7.

Di saat yang sama, bila kita melihat wallpaper ikan Betta pada Beta Build Windows 7 Beta Build 7000, dan mungkin juga Release Candidate-nya, mereka sangat terasosiasi dengan Windows Client. Dengan gambaran sebuah Smartphone dengan wallpaper seperti itu, maka mungkin saja Microsoft nantinya akan membangun Windows Mobile 7 bukan dari Windows CE melainkan dari Windows 7 itu sendiri. Seperti yang telah kita ketahui, Windows 7 hadir dengan MinWin core, sebuah struktur komponen yang mutakhir, dengan fungsi geolokasi, touch dan multitouch, tilt dan kemampuan pan, dan fitur-fitur lainnya yang lebih berguna di mobile phones daripada di PC atau Laptop.

Di awal Februari 2009, Sanjay Jha, CEO Motorola mengkonfirmasikan bahwa Windows 7 akan ditunda hingga tahun depan. “Kami akan tetap setia dengan Windows Mobile. Seperti yang anda tahu, Windows 6 yang hadir tahun ini kurang kompetitif bila dibandingkan dengan Android. Maka kami akan memfokuskan diri pada Android. Akan tetapi pada 2010 ketika Windows 7 hadir, kami akan turut berpartisipasi untuk pengembangan Windows 7,” ujar Jha di Seeking Alpha

Microsoft telah membuat bocoran tentang evolusi Embedded OS nya. VErsi selanjutnya dari Windows Embedded Standard akan berdasarkan pada kode Windows 7. PAda saat yang sama, Microsoft tidak membeberkan tindakan pada Windows CE atau Windows Embedded Compact yang akan rillis sebentar lagi. Microsoft hanya mengatakan “Windows Embedded Compact adalah generasi selanjutnya dari Windows Embedded CE. Rilis produk berikutnya diramalkan pada tahun 2009.”

Di waktu yang sama, Windows Mobile 7 juga diharapkan bisa dirilis pada para penguji coba dan partner pada akhir 2009, di bulan November. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile 7 dilaporkan akan tersedia pada awal April 2010. Microsoft saat ini sedang mengerjakan RTM untuk Windows Mobile 6.5 dengan mobile phone terintegrasi pertama pada September 2009. Masih kita tunggu apakah Windows Embedded Compact dan Windows Mobile 7 nantinya bisa terkoneksi dengan Windows 7.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s