Saya menjadi penerjemah lepas

Pagi hari tanggal 10 Januari 2009 (huhuhu, g berasa tinggal 355 hari lagi tahun 2009 akan berakhir, LHO?!), lagi bete mw ngapain, di luar hujan deres, bentar lagi musti siap2 brangkat ke kajian Shahih Bukhari Ust. Hakim di Krukut dilanjut ma kajian bahasa arab di masjid Al-Ikhlas jam stengah 2 … yap inilah konsekuensi diriku yg telah mengazzamkan diri untuk mengikhlaskan hari sabtu khusus buat belajar agama (ceilah, sotooyy ^^)

Pengen berbagi sedikit tentang pengalaman menjadi penerjemah freelance waktu itu (banyak yg nanya2 lho ma gw), mnurut gw pengalaman itu bukan untuk ditutup2i koq, tapi buat dibagi demi keberhasilan bersama. Siapa tahu ada yang ngikutin jejak gw n jauh lebih berhasil gt, kan jadi kecipratan pahalanya jg d, hehe. Beginilah ceritanya bagaimana waktu itu bisa jadi penerjemah freelance  Iseng + Hoki (baca : takdir Allah)

Dulu iseng aja pengen nyari tambah2an uang jajan (dasar adit tua2 masih suka jajan, hehe), job ngajar privat lagi seret, jualan snack juga susah pasarnya, yaudah mumpung lg dapet internet gratis di kampus (waktu itu), jalan2 aja lah. Alkisah saya mang dah lama join milis penulis lepas, waktu itu iseng2 aja buat bahan2 bacaan. YM juga lagi nyala neh, muncul lah pikiran jahat saya, hehe … saya buka list member milis penulis lepas. Saya pun terhenyak … Subhanallah, banyaaakkk banget membernya. Emang ada c ID YM masing2 member, tapi klo segitu banyak, butuh berapa hari buat nge-add mereka semua. Akhirnya saya filter lah dikit2, saya hanya nge-add yg lagi online ajah … kan biasanya banyak tuh email2 yg gak pernah dipake buat online YM. Dengan sabar satu2 ID member milis penulis lepas saya add ke account YM ajah (gilaa … kurang kerjaan banget yah). Tapi setelah beberapa saat, bosen juga akhirnya, hehe … udahan dl ahh (sebagai catatan, itu adalah tindakan gila terakhir saya. Sampai saat ini g pernah nge-add ID YM asal2an kayak gt).

Waktu itu ktemu ID YM adzka_nisa yang kemudian saya ketahui merupakan milik Mbak Yani Suryani dari Penerbit Salamadani, dia editor di sana. Awalnya kami ngobrol biasa, secara sama2 ada di pergerakan Islam getoo (walau sedikit berbeda haluan lah), jadi nyambung deh. Ujung2nya yah saya tanya2, kira2 di penerbit ada kerjaan apa kek gt buat saya. Waktu itu dy bilang klo mungkin bisa jadi penerjemah n saya suruh ngasi CV. Yaudah saya kirim, dengan pikiran “nothing to lose” lah.

Nggak berapa lama kemudian saya dihubungi ma mbak yani lewat YM juga, ternyata ada buku yang pengen diterjemahin n saya dikenalin ma mbak isma, editor juga yg megang urusan penerjemahan … yaaaahh, lanjutannya dah tahu kan ^^. Awalnya minder juga coz belum ada pengalaman apa2 soal penerjemahan. Tapi, alhamdulillah bukunya dah selesai n akan segera terbit. Nanti beli yaa ! Awas klo nggak XP

Ps : sesuatu yang kecil menurut kita bisa jadi merupakan sesuatu yang besar n bermanfaat bagi orang lain … keep sharing !!!

13 responses to “Saya menjadi penerjemah lepas

  1. mau donk dit kerjaan. kondisi karier dan keuangan saya lagi menurun nih😥

  2. waalaikumsalam wr wb dit..tumben pgl susi,biasanya rahma he2. afwan bgt kl aq bls testimu disini..fs ku lg error gtw tuh napa. mungkin ntar aq bwt fs lg. tp di add loh ya,,hehehe
    lagi suntuk bgt nih,ada yg ngelamar q lg. akh sotoy…jd tmbh suntuk..
    huft,,q tiup aja dia fuuuh…mpe mental ke laut hihi..
    oiak num aq skrg 081213686121 dan 08980101027
    yg im3 ilang dit,hiks2..pdhl pnuh dengan unforgetable memories huhu…eh dah dlu ya mw k kosan naik sepeda. aq ska nyepeda c,selain tnp polusi jg ada kesan endless lope lope nya gitchu..wekeke

  3. salu dit….ngiri abiss ma kamu…kapan2 kl tuhan mengijinkan…ajarin aku yah…tukar pengalaman gitu..
    salam

  4. Hmmm… butterfly effect…
    Btw judul bukunya apah?

  5. seneng denger kabar gembira. keep on going sist. kebetulan aku freelance translator. baru come back ke “dunia” ini karena abis ngelahirin anak kedua. Alhamdulillah udah 5 buku terjemahanku yang diterbitkan. BTW Kalo ada job nganggur, kasi tahu ya sist.
    Warm regards

    anik🙂

    kok sist c? aq kan cowok, hehehe
    waduh sama2 penerjemah neh, tp skarang job sepi bgt mbak
    g ada yg nawarin lg, jadi terpaksa d banting setir gt
    klo ada job kasih tahu saya jg y mbak …

  6. adit, keren bgt!
    kalo aku lagi nyoba jadi penerjemah lepas. tapi cuma artikel-artikel sih. pengen nyoba nerjemahin buku, tapi belum ada yang nawarin, so, kalo adit ada kerjaan nganggur, kontak aku ya!thanks

    alhamdulillah, skarang malah dapet job dari LIPI, tapi kebalikannya, dari indo ke english. Hmm, iya d, sama2 berbagi job lah … tapi klo bisa kasih no telpon or YM aja, biar gampang contactnya

  7. ada lowongan lagi gak adi? hehe…ini adi yg mampir di blogkukah?

    iyah, ini kutu yg suka bolak balik ke blog mbak, tetep sabar dan rindu menanti postingan2 mbak selanjutnya, hee … nanti klo ada kesempatan kutu beritahu, tapi sampai sekarang kutu paling cuma nerjemahin artikel dari temen2 deket ajah

  8. korea interpreter

    saya adalah interpreter bahasa korea dan mandarin berpengalaman dalam interpreting business,tehnique,pertambangan,it computer,deplumasi dll silahkan hubungi saya 08569-134-1299

  9. malam rekan, Kalau ada yang berminat jadi penerjemah lepas silahkan kirim biodata ke:bnstrans@yahoo.com, minimal pengalaman kurang lebih 4 tahun

  10. mas Adit, sebelum menerjemah buku itu apa Anda memang benar2 belum punya pengalaman menerjemah sama sekali? (misalnya menerjemah artikel, cerpen, atau tulisan2 singkat lainnya)

    KUTU : “Belum sama sekali, tapi klo nerjemah buat kebutuhan pribadi sih sering :)”

  11. Garing!! Gak mutu….

  12. Jadikan kepandaian sebagai kebahagiaan bersama sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas tuk bersyukur atas kesuksesan.

  13. Dalam cinta ketika ada yang berbeda jangan mencari siapa yang salah karena kamu dan dia adalah tim yang sama dengan tujuan yang sama

Tinggalkan Balasan

