Marketing Plan President University

Jum’at yang lalu, setelah saya berlelah2 memakai kemeja, dasi, dan jas persis dah kayak direktur beneran (sumpah panas banget pake gituan), ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan dari kelas marketing itu. Saya melakukan presentasi tentang direct and online marketing selama satu sesi dan satu sesi lain diisi dengan ngalor ngidulnya dosen saya berbicara masalah Marketing Plan.Entah bagaimana caranya, dan darimana jalannya, dosen saya itu malah menceritakan bagaimana marketing plan President University untuk mendapatkan sebanyak mungkin mahasiswa / mahasiswi.

Dosen saya itu bernama Mr. Manivasugen. Orang Manado yang punya darah India. Dia termasuk pimpinan divisi marketing di President University, jadi wajar banget kalo dia paham betul bagaimana proses marketing President University. Beginilah kisahnya setelah saya translate ke dalam bahasa Indonesia.

“Pada awalnya, kampus ini menerapkan cara konvensional dalam melakukan marketing. Mereka memasang iklan di kompas seharga 70 juta sebulan hanya untuk mendapatkan seperempat halaman untuk menginformasikan placement test, dan itu sungguh tidak efektif. Terbukti yang datang placement test hanya 70 orang dan tidak lebih.

Untuk tahun kemarin, kita mulai merubah metode. Dari cara konvensional, kita berubah kepada direct marketing. Dan perubahan ini membuahkan hasil. Sekitar setengah budget marketing kita potong namun menghasilkan hasil 2 kali lipat lebih baik daripada cara konvensional. Ini terbukti dari peningkatan signifikan mahasiswa PU di tahun kemarin. Beginilah cara kami melakukannya.

Saya hanya minta 1.5 juta setiap bulan untuk menghubungi pegawai DIKTI, mengajaknya makan siang dan memberikan sedikit amplop ucapan terima kasih. Untuk apa? agar dia mau memberikan database sekolah2 menengah se-Jakarta misalnya. Dan saya pun mendapatkannya. Satu bundel data yang penuh dengan nama, nomer telepon, email, dan hal-hal lain menyangkut seluruh sekolah di Jakarta.

Setelah itu saya menghubungi kepala sekolah atau guru BK sekolah tertentu dan kembali, mengajak makan siang dengan sedikit uang di dalam amplop, dan saya kembali mendapatkan satu bundel database yang berisi data pribadi para siswa di sekolah tersebut. Toh, tak ada yang dirugikan. Kita juga tidak ingin mencelakakan siswa2 mereka.

Setelah database kita dapatkan, barulah kita melakukan serangan. Lewat kunjungan ke sekolah-sekolah, telepon secara pribadi ke rumah siswa, dan bahkan dengan sms. Memang sedikit mengganggu, tapi cobalah pikirkan. Saya begitu terganggu dengan telepon sales yang menawarkan kartu kredit, tapi saat ini saya mempunyai 7 kartu kredit. Terkadang kita terganggu akan sesuatu, tapi akhirnya pun kita menyerah. Apa salahnya c mengikuti placement test, itung2 coba-coba.

Dan terbukti, begitu banyak siswa yang mengikuti placement test President University. Dan saya baru dapat kabar bahwa di Padang telah ada 250 orang yang siap mengikuti Placament Test President university. Sehingga kita pun membuat 2 Placement Test di setiap bulan.”

Hahahaha, jadi begitulah PU menjaring mangsanya … ^^

25 responses to “Marketing Plan President University

  1. duh bingung komen dimana,disini aja deh :p

  2. Wahahaha,,,
    kren dah,,,
    saya juga salah satu korbannya😛

  3. asslmualaikum..

    saya mau nanya2 dikit boleh gak??
    gini,,
    kmaren,, President University tuh ngadain test bwd beasiswa d Makassar..
    saya ikutan tanpa harus bayar uang pendaftaran sebesar 300rb karena bawa undangan..
    trus,, besoknya dah ada hasil pengumumannya,, tapi saya gak pergi ke t4 pengumumannya..
    kata temen saya yang pergi kesana,, saya LuLus fuLLschoLarshipnyah..

    permasaLahannya,, guru saya di sekoLah menakut-nakuti,,
    beliau bLg katanya hati2 dgn penipuan!!
    walau pun saya sudah sering dihubungi oleh orang2 dari PU,, koq saya masih ragu yah??

    tolong jawabannya dikirim ke emaiL saya saja..

    cindy
    Makassar

    maaf neh saya g bisa bales k email kamu
    biz di add di YM aja g nyambung2, apa koneksi saya yg error y ^^
    Lebih baik kamu tanya langsung ma orang2 PU, insya Allah mereka jujur koq klo masalah kayak gn. Mereka g akan bohong, tapi kamu mesti menekankan dengan jelas apa isi dari beasiswa yang kamu dapet itu …
    semoga sukses y, saya tunggu kamu d PU … ^^

  4. asslmklm,,
    panggilnya kaka ap mas ni ya??
    mas ajj yah?? hehehe
    mas saya agung,,
    wktu tgl 16 oktber kmren kn saya ikutan tuh tes ke PU
    ngambil jurusan IT sama kaya mas,,
    trus alhamdulillah dapet beasiswa kategori 2,,
    saya ambil,,,
    nah prospeknya itu cerah ga mas???
    mohon informasinya yaa,,,
    makasih sblmnya,,
    wassalam…

    Waalaikumsalam warahmatullah
    Setahu saya prospek buat dunia IT di PU itu bagus bgt
    kita menang dr kampus lain dengan adanya internship
    Kerasa koq, waktu internship itu kita bukan sibuk nyari tapi sibuk nolak, hehe … gt d ^^
    alhamdulillah sekarang saya keterima di Bakrie Telecom buat magang selama 8 bulan, mudah2an bisa lanjut kerja dsana
    tapi intinya c kembali k orangnya masing2, hidup kan pilihan, klo kita mw baik y baik, klo mw jelek y jelak … bner kan ?

  5. wah bner ni mas?? asik donk??😀
    klo boleh tw mas IPKnya brpa??
    susah ga bwt dpt IPK bagus di PU??
    kn pake b.ingg tuh pengantarnya juga,, mklm saya ga bgitu bisa b.ingg,, ^^
    oia wkt magang itu dpt gaji ap ngga si mas?? hehehehehe ^^

    yap gt dehh …
    hehe, alhamdulillah IP saya selalu d atas 3.5 alias cum laude ^^
    semuanya tergantung orangnya jg, klo kt saya c g gt susah
    g terlalu penting lah, ntar jg biasa sendiri ma english
    magang ?? dapet lah gaji … tergantung tempatnya

  6. waah hebat donk dpt lbih dr 3,5
    dapet?? gede ga kira”?? hehehehehe,,,
    klo ud kerja dsana kira” gajinya gde ga??
    mklm,, y jaman skg mikirinnya kn uangnya,,,😀

  7. oia add YM saya donk mas,,
    incrive_project
    ditunggu yh,, makasi sblmnyai.. ^^

  8. assalamu alaikum mas,
    mu crita2 pngalaman niy, sekalian mnta2 msukan boleh kan mas?
    hehe
    jd gni,
    sktar mggu kemarin sy ikut tes beasiswa di President University..
    hari ini dikabarin bahwa sy lulus ujian n msuk di beasiswa tngkat3..
    jujur sy ngrasa sneng bgt mas, y gmn gak, sy itu bukan murid yg pinter2 banget slama sqola ini..
    tp setelah baca artikel mas sy kok malah ngerasa jadi korban pemasaran President University itu ya mas?
    minta sarannya ong biar lebih ada pertimbangan lagi mau ngambil beasiswa itu atau gak.
    trims ya mas sblumnya,🙂

  9. ada informasi2 yang kurang tepat nih !
    1. Mr Mnvsgn , setahu saya bukan orang Manado tapi Medan
    2. “Data” yang tertulis di atas dari “DIKTI” bukan 1.5 juta sebulan, jauh jauh jauh lebih murah dari itu, dan data sekolah menengah bukan dipegang oleh DIKTI – DIKTI itu seperti namanya, hanya sibuk mengurus perguruan tinggi.
    3. Saya yakin bahwa kebanyakan kepala sekolah dan guru BK tidak akan suka diberi amplop, terutama karena sekolah-sekolah yang didatangi PU, cukup berkualitas😉

    Untuk yang lainnya: tidak usah khawatir dengan tawaran beasiswa dari PU, buktinya penulis blog ini juga mahasiswa PU😉 ! Go PU !

  10. assalamualaikum…wr..wb…
    k3,,,sy mw tnya …sy prnh ikut tes beASISWA PRESIDENT UNIVERSITY….dn alhmdulillah dpt beasiswa kategori 2…
    sy sbnrnya tertarik utk msuk ke PU…Tpi,,,
    ,,sy msh ragu2….soalnya ad yg bilang,,klo di President University itu susah dpt krja,,,
    boleh mnta sarannya gk????
    ap sh keuntungan n kekurangan PU????
    mhon di balas y k3….
    atw bs kirm ke email sy……
    thank you………

  11. mas,, add Ym aq ya

    aq pengen tanya banyak

    ahmad_krishar@yahoo.com

  12. Aderina Tririzky

    bln februari yang lalu saya mengikuti tes beasiswa PU dan lolos kategori 2..
    apakah itu benar atau hanya taktik universitas untuk menarik mahasiswa ?

    jurusan yang saya pilih adalah internasional relations..
    tapi mengapa di website PU sendiri tidak ada jurusan tsb?

    saya ingin mengklaim beasiswa tsb tetapi saya harus memastikan bahwa beasiswa tsb benar adanya..

  13. kapan pengumuman tes PU area ACEH,,??????????

  14. asw.

    mas, ada info tes beasiswa up lagi nggak ?
    karna saya nggak pernah dapet beritanya tuh, eh ternyata udah banyak yang ikut tes.
    apa kita bisa langsung dateng ke sananya aja, ya?
    terus daftar n mengajukan diri untuk ikut tes beasiswa

    tolong dijawab yah, trims

  15. Assalamu alaikum wr.wb
    Saya jg korban ni mas dri pu
    Pas hri minggu kmrn tgal 2 ikutan tesnya yg di bandung.
    Yee lmyan dpt beasiswa golongan 3 ,jurusan marketing
    Prospeknya cerah g y??
    Bngung sya jg mu diambil ato g ni

  16. Ujian Saringan Masuk Program Beasiswa
    President University-Jababeka
    Gelombang terakhir
    Lokasi: Kampus President University, Kota Jababeka
    Minggu, 31 Mei 2009
    Jam 08.00 s/d selesai
    Registrasi 0813 1761 6239 (Ivan)
    Tidak dipungut biaya pendaftaran!

  17. oo pantes aja..

    g juga ud tw ttg itu..
    PU orientasiny bener2 bisnis..
    taktik n marketing plannya emg keliatan bngt..bisa nyaingin UPH lippo..

    mgkn org bilang itu beasiswa dgn berbagai kategori,
    tp menurut g itu cm penggolongan tuition hasil admission test..
    uang kuliah ga sebesar itu, ga mgkn mpe 200an juta..kecuali biaya asrama ditanggung, biaya makan, n biaya berobat..
    ini cuma sekedar keringanan doank..
    anyway, ini lah marketing plan..tp PU tetap memberi keringanan..

    well done

  18. bulan ini oktober 2009 ada ngk yah tes nya lagi ?

    • kayaknya tiap minggu PU ngadain tes deh, cuma di kota2 yang berbeda, kmaren adeknya kutu jg ikut tes n cm dapet beasiswa 2 …

      sering2 aja nanya ke PU kapan ada tes di wilayah masing2 … keep tryin’

  19. untuk aceh test’a kpn y yg 2010?,,

    untuk lebih jelasnya telpon ke PU ajah di 021 – 8910 9762 / 63… biasanya klo aceh ada beasiswa dari pemda nya juga lho

  20. asslmualaiku..

    bole tnya gag kak???sebrlumnya sdaya dpert bea 2 di PU dan saya udah trnsfer uangnya n gag pa2 khan kak sekalian sma dormitorynya di byar???
    kak tlong knfrmasinya yaa…saya pngen bgt d PU…tpi sya jg tkud ad isu2 pnipuan gtu…kasian ortu yang udaah byr mahal2 ntar kcwa..😦
    thanks bfore y kak🙂

  21. salam kenal mas.
    saya harry. mau tanya soal beaisswa s1 presuniv.
    kemarin saya sdah daftar buat program beasisswa s1, mungkin mas bisa ngasih saran buat saya agar bsa dpt beasiswa type 1.
    oia, untuk pendaftaran.. saya melakukan secara online, tpi setelah membaca banyak artikel ttg beasiswa tsb, kok malah juga yg kecewa bannget sama programnya, alasannya karena hasil ujian tdk transparan (tertutup). dan juga sblum mengikuti tes, peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan membayar rp.300 ribu. bukankah d website tertera bhwa pedftrannya gratis??
    mhon balasannya mas.
    trima kasih

  22. Nate River is Hambat Kira

    semoga yg nulis artikel ini diberi pahala ma Allah swt , amiiin . .🙂

  23. Jika kamu ingin seseorang percaya padamu hal pertama yg harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu mempercayai mereka.

  24. Perbuatan adalah cerminan isi hati Jika hati dipenuhi kebaikan maka sikap dan tindakan akan baik pun sebaliknya

Tinggalkan Balasan

