Ubuntu 810 pada Notebook eee ASUS


Ketika kita membutuhkan sebuah notebook yang begitu kecil dan bisa dibawa-bawa saat liburan, ketika laptop dirasa terlalu besar dan iPhone dirasa tidak cukup bertenaga, mungkin ASUS eee 4GB Surf notebook lah jawabannya. Dengan 4Gb untuk Operating System, kita bisa menyimpan data-data kita di sebuah SD Card 8Gb sebagai tempat penyimpanan tambahan. Namun begitu sulit bila kita ingin menambah memori dari defaultnya yaitu sebesar 512Mb.

Walaupun 4Gb itu tidak begitu besar, tapi ia telah cukup untuk OS seperti Linux, dan ASUS pun datang dengan Xandros di dalamnya. Bila kita, dengan berbagai alasan, ingin menghapus Xandros tersebut, kita bisa menggantinya dengan versi terbaru Ubuntu Linux, Versi 810.

Eee tidak mempunyai CD Drive, jadi kita harus menginstall ISO dari Ubuntu lewat stik USB dan membuatnya bootable. Ubuntu 810 memiliki cara yang baik untuk melakukannya lewat System | Administration | Create a USB startup disk. Bila anda belum menginstall Ubuntu, anda bisa melakukannya lewat VMWare Fusion yang ada di MacBook atau Windows anda. Anda membutuhkan USB yang bootable dan ISO asli Ubuntu tersebut.

Setelah USB itu selesai, masukkan ke dalam eee dan restart. Ketika eee baru menyala, tekan Esc hingga ia masuk ke menu lokasi booting. Pilihlah USB stick dan selanjutnya seperti proses menginstall Ubuntu biasa.

Satu masalah yang timbul adalah dialog window yang begitu panjang sehingga melebihi ukuran layer. Anda bisa lihat pemecahannya di http://forum.eeeuser.com/viewtopic.php?pid=23096. Cara yang paling mudah adalah tekan Alt dan drag jendela tersebut hingga engkau bisa melihat tombolnya.

Instalasi Ubuntu 810 akan menghabiskan 2.2 Gb. Semuanya akan berjalan lancar kecuali wifi yang terkadang tidak bekerja. Anda bisa lihat di website Ubuntu, di situ ada Komunitas EEEPCFixes (https://help.ubuntu.com/community/EeePC/Fixes) yang akan membantu memecahkan masalah anda. Untuk kasus wifi, anda bisa menggunakan backport walaupun hasilnya masih terasa lambat.

Kemudian anda juga bisa menginstall Firefox, Filezilla, Komodo, dan lain-lain. Untuk modifikasi lebih lanjut, anda bisa melihat yang ditawarkan Ubuntu Notebook Remix (https://launchpad.net/netbook-remix). Selamat mencoba…

2 responses to “Ubuntu 810 pada Notebook eee ASUS

  1. wah ente punya eeepc skrg dit??

    pngalaman ane instal ubuntu di eeepc.. ane saranin,jjgn instal yg fresh ubuntu..konfigurasunya ribet bgt.. klo blmngerti linux, jgn dulu deh.. coba pake ubuntu yg dah ditweak buat eeepc aja.. bisa dicoba ubuntu eee.. (www.ubuntu-eee.com), ane dah coba ini, dan smua hardware bekerja dgn baik termasuk wifi yg plg susah dikonfigurasi klo di fresh install

    yap, begitulah … karena bentuknya yang diperkecil kayaknya banyak tetek bengek yang dipangkas dari eeepc, beginilah jadinya ^^ thanks k irul buat kommentnya !!!

  2. hiks hiks..kapan yah bisa punya laptop…moso kalah ama tukul…

    hehe … ngumpul2in duit dulu aja maz
    sekarang banyak koq laptop2 murah, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s