Ayat-ayat cinta ???

Mungkin ini adalah salah satu tema yang paling hot y akhir2 ini. Dmana2 orang2 ngomongin tentang sebuah film yang sbenernya diilhami oleh novel yang telah laku keras sbelumnya. sebenarnya si novelnya sendiri cuma laku di lingkungan orang-orang yang concern dengan agama islam, walaupun ke-concern-annya mayoritas cm sedikit. Wajar lah, klo orang yang benar-benar mendalami Islam sebagai sebuah ilmu dan jalan hidup, tentu mereka terlalu sibuk dengan Kitabullah dan Hadits-hadits Nabawiyyah dan tak punya waktu untuk mebaca novel seperti “Ayat-ayat cinta” ini. Tapi untuk kelas orang-orang seperti kita yang terlalu sibuk dengan dunia, novel ini menjadi sebuah barang yang dianggap langka dan memberikan nilai tersendiri di masyarakat.

Yang menarik adalah, di mana setelah novel ini difilmkan, banyak orang yang begitu tertarik dengan si “ayat-ayat cinta” ini. Apa y buktinya??

1. Orang yang menonton film “Ayat-ayat cinta” di bioskop “katanya” udah nyampe 3 juta orang, itu belum diitung yang nonton bajakannya lho…

2. Orang-orang penting macam wakil presiden yusuf kalla dan bj habibie pun ikut-ikutan masuk ke dalam list yang 3 juta orang itu…

3. Tiap kmana-mana pasti ada aja yang entah lupa silent or mang sengaja nggak di-silent biar didenger orang banyak ringtone di hp-nya yang ternyata memakai soundtrack ayat-ayat cinta yang berjudul sama sebagai ringtone… (rada norak c)

4. Sebelum film di bioskopnya keluar, para pembajak-pembajak film telah ramai-ramai mencari versi softcopynya, dan hasilnya dapat kita lihat di terminal-terminal atau tempat-tempat umum lain dvd “ayat-ayat cinta” yang hanya sekitar 8000-10000 rupiah. Saking hebohnya berita tentang tuh film…

5. Seorang remaja putri masa kini (tentu yang udah nonton or baca novel ayat-ayat cinta) klo ditanya tentang calon suaminya, pasti nggak bilang pengen calon suami kayak brad pitt, syahrul gunawan or tetek bengek artis zaman baheula, tapi pasti pada bilang: “Pengen punya suami kayak Fachri!!” Huhuh, cape de…

6. Demikian juga dengan remaja putranya, y paling klo g bilang “pengen isteri kayak aisha,” y paling bilangnya “pengen isteri kayak rianti!!”…

7. Sampe-sampe, maaf klo ini g penting, seorang temen ana make poster film ayat-ayat cinta buat jadi primary foto di fs, hehe, jarang2 tuh anak…

Yah, ana rasa cukup segitu c yang ada di pikiran ana n kenyataan yang ana liat. Tapi di samping sisi baik sehingga dinamakan “Film romantis religi pertama di Indonesia”, ayat-ayat cinta juga memberikan sebuah pil pahit bagi agama Islam secara umum. Apa y??

1. Selain hukum berdakwah dengan sandiwara yang masih banyak diperbincangkan oleh para ulama islam, ayat-ayat cinta juga telah merubah sudut pandang tentang islam yang tadinya fundamental dan teguh pada syari’at menjadi terbumbui dengan rasa-rasa keromantisan dan overdinamis. Sengaja atau tidak, ayat-ayat cinta telah berbuat seperti itu…

2. Hal ini diperparah oleh kenyataan bahwa banyak hal-hal yang hilang dari novelnya ketika pembuatan film tersebut. mau tidak mau hal ini telah merubah novelnya yang bertema agamis menjadi film yang bernuansa bisnis.

3. Kenyataan bahwa pesan islami dmana terlarangnya pacaran dan dianjurkannya menikah di usia muda telah berubah dengan film ini, sengaja atau tidak. Yang pacaran bukannya buru-buru pengen nikah tapi malah rame-rame mutusin pacarnya n ganti ma pacar yang berjilbab, biar kayak Aisyah…

4. Hal ini semakin memperparah image buruk pada jilbab atau hijab kaum muslimah yang sampai sekarang masih diperbincangkan banyak orang. Terutama golongan liberal yang dipelopori Gus Dur dan antek-anteknya. Saat ini malah semakin banyak para muslimah yang berhijab yang malah berpacaran dan bahkan sebagian dari mereka melakukan hal-hal yang telah di luar batas kesusilaan, dengan bertopeng pada jilbab mereka…

5. dll…

Maaf aja yah, bukan bermaksud menyerang ayat-ayat cinta. Tapi ana hanya ingin perkembangan seperti ini tidak menjadi bumerang yang dapat berpengaruh besar pada kemajuan dakwah islam. Karena maaf-maaf aja, banyak hambatan yang diterima seorang akhowat atau cewek ketika mendapat hidayah dan menjadi ingin berjilbab tapi malah ditentang orangtuanya dengan kata-kata: “Wong orang berjilbab aja pacaran, pegang2an tangan, berdua2an, ngomong sembarangan koq. G perlu lah pake jilbab yang penting hati saya baik dan tidak berbuat kotor seperti itu!!” Syubhat yang begitu umum dan telah berpengaruh besar di dunia islam, terutama Indonesia.

Afwan klo ada kata2 yang salah. Saya tunggu lho komentarnya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 responses to “Ayat-ayat cinta ???

  1. Yah yang penting hati ok dan dicerminkan di perbuatan.

  2. banyak sekarang yang menjadikan jilbab cuman sekedar mode.

  3. Hi, Thanks a lot just for this nice blog post! I will bookmark Ayat-ayat cinta ??? | KutuBacaBuku. Kind regards.

  4. Most Business Knows How to Use Google ,But Most DO Not Know How their Businesses SHOULD Utilize Google to its Benefit \

  5. Nowadays to find a similar Efficient and Effective SEO Automation software at one Time payment of US 99-00 is a rarity\

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s